Fakta-Fakta Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

Fakta-Fakta Kecelakaan Maut di Tol Cipularang
Kecelakaan di Tol Cipularang, Senin (2/9/2019). (Prasastijabar)

Kecelakaan di Tol Cipularang pada Senin (2/9/2019) melibatkan dua puluhan mobil dan menewaskan 9 orang. Berikut adalah fakta-fakta terkait dengan kecelakaan maut ini.

Inibaru.id – Kecelakaan kembali terjadi di Tol Cipularang pada Senin (2/9/2019) siang. Kali ini kecelakaan beruntun melibatkan sekitar 20-an kendaraan. Nggak hanya kendaraan pribadi, truk dan bus juga ikut terlibat dalam kecelakaan yang menewaskan sembilan orang ini.

Laman Kompas, Selasa (3/9/2019) menulis, banyak mobil yang remuk karena tergencet kendaraan lainnya. Beberapa lainnya bahkan hangus terbakar akibat kecelakaan. Berikut adalah beberapa fakta yang terkait dengan kecelakaan yang membuat puluhan orang dilarikan ke rumah sakit.

Kronologi Kecelakaan

Salah seorang saksi mata Asep Ayub menyebut dirinya sedang melakukan pekerjaan pembuatan lereng di dekat lokasi kecelakaan bersama dengan rekan-rekannya. Saat sedang beristirahat, tepatnya Senin (2/9) pukul 12.20 WIB, Ayub mendengar suara truk yang terguling. Beberapa menit kemudian, Ayub melihat mobil saling bertabrakan di belakang truk tersebut.

“Kecelakaan beruntun berlangsung selama 5 menit-an. Mobil pertama terbakar, tiga mobil terseret. Yang dua ikut terbakar dan satu lainnya jatuh ke jurang,” cerita Ayub.

Kesaksian dari Salah Seorang Korban yang Selamat

Salah seorang korban yang selamat Suherman, mengaku baru saja pulang dari Tasikmalaya untuk menjenguk putranya. Dia ikut berhenti saat mengetahui ada truk yang terbalik, namun mobilnya kemudian ditabrak kendaraan lain dengan keras dari belakang.

“Tabrakannya sangat keras. Seperti terbang hingga 50 meter dan menyeberang ke arah jalan sebaliknya dan mendarat ke area hutan,” ucap Suherman.

Enam Korban Tewas Terbakar

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius menyebut total korban kecelakaan ini adalah 28 orang. Sembilan orang tewas, 4 orang mengalami luka berat, dan 16 lainnya mengalami luka ringan. Enam orang tewas terbakar di lokasi kecelakaan karena terjebak di dalam mobil yang terbakar.

Korban selamat dirawat di RS MH Thamrin, RS Siloam, dan RSUD Purwakarta yang ada di wilayah Purwakarta, Jawa Barat.

Jenis Kendaraan yang Terlibat dalam Kecelakaan

Irjen Rudy Sufahriadi menyebut jenis kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan di Tol Cipularang adalah 7 unit truk, 11 unit kendaraan pribadi, dan 2 kendaraan bus. Empat kendaraan hangus terbakar.

Polisi Fokus Tangani Korban dan Bersihkan Lokasi Kecelakaan

Aparat kepolisian mengaku masih fokus pada penanganan dan evakuasi korban. Selain itu, ruas jalan Tol Cipularang juga masih dibersihkan agar lalu lintas bisa kembali normal seperti sedia kala.

Selalu berhati-hati saat berkendara, ya Millens. Meski di jalan Tol, tetap jaga jarak aman antarkendaraan supaya bisa mengantisipasi bila terjadi kecelakaan. (IB09/E04)