Expired Date dan Best Before pada Kemasan Makanan, Apa Bedanya?

Expired Date dan Best Before pada Kemasan Makanan, Apa Bedanya?
Tanda Best Before dan Exp Date sering kamu temukan di kemasan makanan. Sebenarnya beda nggak sih? (Efsa.europa.eu)

Kamu pasti sering melihat istilah Expired Date dan Best Before di kemasan makanan. Sering dianggap sama-sama tanggal kadaluarsa, sebenarnya istilah ini ada bedanya.

Inibaru.id – Kamu pasti pernah melihat tulisan Expired Date (Exp Date) dan Best Before di Kemasan Makanan yang dibeli di supermarket, minimarket, atau warung-warung dekat rumah. Biasanya, kita langsung mengartikannya sebagai tanggal kadaluarsa. Tapi, sebenarnya ada nggak sih perbedaan dari kedua istilah tersebut?

Kalau diartikan secara harafiah, Best Before bisa diartikan sebagai “sebaiknya dikonsumsi sebelum” tanggal yang tertera di belakangnya. Sementara itu, Exp Date adalah Expired Date alias tanggal kadaluarsa. Kita biasanya bakal langsung membuang makanan kalau sudah melewati tanggal yang tercantum setelah istilah tersebut.

Padahal, hal ini kurang tepat, Millens. Jadi gini, Millens. Exp Date sebenarnya adalah penanda sampai kapan sebuah makanan atau bahan makanan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, seringkali hal ini sebenarnya menandakan kapan makanan ini sebaiknya nggak lagi dijual. Jadi, intinya sih yang dianggap sudah expired ini adalah kandungan nutrisi di dalamnya.

Nah, beda lagi kalau kita membahas tentang Best Before. Istilah ini merujuk ke kualitas makanan. Intinya sih, kalau sudah sampai lewat tanggal yang tertera, maka kualitasnya sudah menurun. Ada perubahan warna, aroma, hingga tekstur di dalamnya. Nah, bagaimana jika makanannya tetap dikonsumsi? Ya sebenarnya makanannya belum basi dan tetap bisa kamu makan. Tapi biasanya sudah nggak seenak jika sebelum melewati tanggal yang tertera.

Meski begitu, pakar kesehatan tetap menyarankan kita untuk membeli bahan makanan dengan tanggal Exp Date atau Best Before yang masih lama. Kamu pun bisa mendapatkan makanan dengan kualitas terbaik sehingga bisa mendapatkan rasa terbaik.

Exp Date sering dikira sebagai tanggal kadaluarsa. (Gizigo.id)
Exp Date sering dikira sebagai tanggal kadaluarsa. (Gizigo.id)

Selain itu, kamu juga sebaiknya memperhatikan hal lainnya saat membeli makanan kemasan. Kamu tahu kan kemasannya beragam dari kalengan, plastik, kotak karton, dan lain-lain. Pastikan bahwa kemasan ini nggak robek atau terbuka, gembung, penyok, atau terlihat sudah terkontaminasi. Kalau kemasannya sudah nggak baik, dikhawatirkan isinya juga sudah nggak berkualitas atau bahkan nggak layak untuk dikonsumsi.

Nah, meskipun kamu juga sudah memilih makanan kemasan dengan kondisi yang masih baik, ada hal lain yang harus kamu perhatikan, yakni mencucinya sebelum dibuka. Hal ini juga berlaku jika kamu membeli minuman kemasan siap konsumsi di mini market.

Alasannya? Ya, kamu nggak tahu seperti apa proses distribusi atau penyimpanan makanan atau minuman kemasan itu sebelumnya. Bisa jadi kemasan makanan dan minuman itu terpapar debu, kotoran, bakteri, dan lain-lain. Sebagai contoh, bisa jadi minuman kalengan yang kamu beli sudah terpapar kecoa atau tikus. Pasti kotor dan menjijikkan, bukan?

Cucilah dengan air dan sabun, ya? Kalau nggak ada, bisa kok mencucinya dengan semprotan hand sanitizer dulu.

Jadi, sudah tahu kan apa maksud dari istilah Best Before dan Exp Date, Millens? (Det/IB09/E05)