Etika yang Harus Kamu Perhatikan Saat Nonton Konser

Etika yang Harus Kamu Perhatikan Saat Nonton Konser
Di konser apapun harus punya etika. (K-popped)

Menonton konser memang kegiatan yang menyenangkan. Namun sebelum menonton, perhatikan etika berikut yuk.

Inibaru.id - Menonton sebuah konser ternyata memiliki etika sendiri lo, Millens. Melansir Journal Sociolla, adat etika-etika konser yang wajib kamu ketahui agar konser kondusif, Millens! Hal ini karena dalam konser kamu bakal bertemu dan bergabung dengan banyak orang. Agar sama-sama asik dan menghindari keributan, ini hal yang perlu kamu terapkan.

Tertib Mengantre

Potret Antrean Panjang Pembeli Tiket Konser Westlife di Indonesia

Budayakan antre dengan tertib. (Dok. Full Color Entertainment)

Jangan grusa-grusu, dan pengin cepat dapat giliran. Kalau mau sabar pasti bisa masuk ke venue kok. Tindakan menyerobot antrean justru akan menimbulkan keributan dan antrean jadi berantakan. Semisal kamu khawatir ketinggalan, lain kali kamu harus datang lebih cepat sehingga dapat antrean paling depan dan posisi yang enak.

Jika Ada yang Jatuh atau Pingsan Langsung Beri Pertolongan

bordeaux-hipsters-sitting-on-floor

Tanggap pertolongan bagi orang yang jatuh/pingsan. (Drinkingitallindotcom1.files.wordpress)

Kondisi konser yang berdesak-desakan bikin sebagian orang nggak tahan sehingga pingsan dan terjatuh. Jika kamu menemukannya, berikanlah pertolongan dengan membawanya keluar dari area kerumunan. Segera cari pertolongan terdekat dan pastikan korban jangan sampai terinjak-injak penonton lain.

Hindari Melempar Barang ke Panggung

5 Hal Ini Harus Kamu Siapkan Sebelum Nonton Konser

Jangan melempar benda apapun. (Gmanetwork)

Para pengagum mungkin merasa perlu memberi hadiah bagi artis yang tampil. Namun kesempatan ini terkadang terkendala akses, sehingga fans yang melempar hadiah untuk artis idola mereka ke atas panggung. Meski bukan benda keras, jika dilempar dengan cepat dan kencang bakal berpotensi  melukai orang lain bahkan musisi yang sedang manggung. Hal ini pernah terjadi pada Jin anggota BTS yang terluka di bagian kepala ketika konser di Manila, Filipina.

Beri Penghormatan Pada Artis yang Tampil

Featured Image

Mengormati artis yang tampil. (Flickr)

Biasanya panitia konser akan mengundang artis tambahan utuk membuka acara. Bagaimanapun kamu harus tetap menghormati mereka ya meskipun tak suka. Alternatif yang bisa kamu lakukan adalah menyingkir dari dekat panggung. Namun kalau kamu takut posisimu ditempati orang lain, enjoy saja, penampilan mereka toh bisa juga menambah ensiklopedi gigs kamu.

Etika-etika ini jangan lupa kamu praktikkan di setiap konser yang kamu tonton ya, Millens! (MG26/E06)