Es Terus! Benar Nggak Sih Sering Minum Es Bikin Batuk dan Pilek?

Es Terus! Benar Nggak Sih Sering Minum Es Bikin Batuk dan Pilek?
Minum es disebut-sebut bisa memicu batuk pilek. (Flickr/Alisdair)

Es terus! Banyak orang tua yang menyalahkan anaknya sering minum es bisa bikin batuk atau pilek. Apakah anggapan ini memang benar?

Inibaru.id – Belakangan ini, meme “es terus” sering berseliweran di media sosial. Meme ini menunjukkan kebiasaan ibu-ibu yang biasanya menyalahkan hobi anak-anaknya minum es atau minuman dingin yang akhirnya membuat mereka batuk atau pilek. Tapi, apakah minum es memang bisa benar-benar menyebabkan dampak ini?

Pakar kesehatan Andi Khomeini Takdir Haruni yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun angkat bicara terkait hal ini. Menurutnya, minum es terus nggak serta-merta bikin kamu batuk atau pilek kok.

“Nggak ada itu korelasi langsung antara minuman dingin, air es, dengan batuk, pilek, dan flu,” ucap Andi.

Minuman dingin nggak membuat batuk pilek. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Minuman dingin nggak membuat batuk pilek. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Andi pun memastikan bahwa suhu dingin dari minuman nggak akan menyebabkan flu dan batuk. Justru, kamu harus mewaspadai virus atau penurunan daya tahan tubuh yang bisa memicunya. Meski begitu, kalau kamu sudah batuk atau pilek sebelumnya, minum es memang bisa membuat kondisi tubuh menjadi semakin parah.

Selain itu, Andi ternyata mengingatkan bahaya dari kebiasaan minum es. Apalagi jika es tersebut dijual dari orang yang tidak menjaga kebersihan dengan baik. Sebagai contoh, es yang digunakan berasal dari air mentah, sumber airnya tidak bersih atau tidak dimasak hingga matang, serta kehigienisan tempat pembuatan es juga bisa menyebabkan seseorang jatuh sakit.

Terakhir, faktor cuaca juga bisa menjadi penentu apakah seseorang rentan batuk atau pilek atau tidak. Jika kita sedang berada dalam pergantin musim dari hujan atau kemarau atau sebaliknya, risiko etrkena penyakit ini akan meningkat.

Minuman dingin dan manis nggak selalu bisa menyebabkan batuk pilek. (Inspiradata)
Minuman dingin dan manis nggak selalu bisa menyebabkan batuk pilek. (Inspiradata)

“Pada saat perubahan musim, banyak orang dengan daya tahan tubuh lebih sensitif yang mudah sakit. Mereka mengalami batuk dan flu. Meski begitu, kalau daya tahan kamu kuat, hal ini nggak akan mudah terjadi.

Lantas, mengapa banyak anak-anak sakit usai minum es? Ternyata hal ini lebih terkait pada virus atau bakteri pada minuman yang mereka konsumsi. Pakar kesehatan pun memastikan bahwa suhu dari minuman nggak bisa dituduh sebagai penyebab dari masalah kesehatan tersebut.

Kalau kamu, apakah juga pernah dituduh sering minum es saat batuk atau pilek, Millens? (Vic/IB09/E05)