Enyahkan Kolesterol Akibat Daging Kurban dengan Cara Ini

Makan daging sapi maupun kambing saat Iduladha sah-sah saja. Namun, tetap pantau kolesterolmu ya, Millens.

Enyahkan Kolesterol Akibat Daging Kurban dengan Cara Ini
Tips mengurangi kolesterol usai merayakan Idul Adha. (Daily Telegraph)

Inibaru.id – Iduladha saatnya makan daging yang banyak! Bagaimana tidak, hampir di semua masjid melaksanakan kurban. Daging kurban itu akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Nggak heran kalau setiap Iduladha kulkas pasti penuh dengan daging. Ha-ha.

Eits, meski makananmu nanti didominasi olahan daging, jangan sampai kadar kolesterolmu berlebihan ya, Millens. Tetap kontrol kadar kolesterolmu terlebih bagi yang sudah berkepala tiga.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, kamu bisa mengurangi asupan lemak jenuh. Itu berarti hindari minum susu atau makan makanan berminyak atau gorengan.

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghilangkan lemak trans dari daftar menu makananmu. Terkadang, lemak trans tercantum pada label makanan sebagai “minyak sayur terhidrogenasi parsial”, contohnya pada margarin, biskuit, kerupuk, dan kue. Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan, lo.

Kamu sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti salmon, mackerel, dan walnut. Oh iya, tingkatkan juga asupan serat larut untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darahmu. Makanan yang mengandung serat larut yakni kacang merah, oatmeal, apel, dan pir.

Last but no least, jangan lupa berolahraga. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Penambahan olahraga dengan interval pendek beberapa kali sehari juga dapat membantumu menurunkan berat badan, lo. Olahraga itu seperti bersepeda, berjalan cepat, dan lain-lain. Yuk, semangat turunkan kolesterol, Millens. (IB24/E04)