Enam Manfaat Soda Untuk Bersihkan Berbagai Perabot Rumah

Enam Manfaat Soda Untuk Bersihkan Berbagai Perabot Rumah
Ilustrasi membersihkan bagian dalam toilet dengan soda. (Shutterstock)

Kesulitan membersihkan barang-barang di rumah yang berkerak? Nah, minuman soda ternyata punya banyak manfaat untuk mengatasinya lo. Ingin mencoba?

Inibaru.id – Minuman bersoda banyak disukai karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Sayangnya jika dikonsumsi berlebihan, soda dapat berpengaruh buruk pada kesehatan gigi, menyebabkan obesitas, hingga mengganggu jaringan tubuh lainnya.

Ets, meski begutu, soda punya manfaat untuk perabot rumahmu lo. Yup, minuman bersoda bisa menjadi pembersih noda terutama noda karat dan minyak lo. Perabotan apa saja yang bisa dibersihkan dengan soda? Yuk cek!

1. Toilet Kotor dan Berkerak

 

Ilustrasi membersihkan bagian dalam toilet dengan soda. (Shutterstock)

Bila toilet kotor dan berkarat, coba tuangkan sekitar sekaleng minuman soda ke tepian dalam toilet. Diamkan sekitar satu jam agar karbonat, sitrat, dan asam fosfat dalam minuman soda memecahkan noda berkarat tersebut. Setelah itu, gosok noda dengan sikat toilet dan siramlah dengan air hingga bersih.

2. Alat Masak Berkerak

Ilustrasi membersihkan alat masak dengan soda. (ind.roomsdecorating.com)

Alat masak dan alat makan seperti panci, garpu, pisau, dan sendokmu di rumah bernoda hingga meninggalkan kerak? Jangan khawatir! Kerak dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan minuman bersoda ko. Caranya, rendam lah peralatan tersebut dengan minuman soda selama beberapa menit, lalu dicuci seperti biasa.

3. Karburator Mobil Berkarat

 

 

Ilustrasi membersihkan karat pada karburator mobil dengan soda. (otoflik.com)

Minuman bersoda juga bisa membersihkan karat pada karburator mobil lo. Cukup campurkan sekaleng minuman ke dalam karburator mobil. Panaskan mesin mobil kira-kira 15-30 menit. Setelah itu, dinginkan mesin dan buang air yang ada di karburator mobil. Saat itulah kamu akan melihat karat-karat rontok bersamaan dengan air di dalam karburator yang terbuang.

4. Noda Oli atau Minyak di Lantai

Ilustrasi membersihkan noda bekas oli atau minyak dengan soda. (stasibrothers.blogspot.co.id)

Nggak perlu repot membersihkannya noda bekas oli atau minyak, Millens! Cukup tuangkan minuman soda pada noda oli atau minyak di lantai. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air mengalir. Jangan lupa untuk menggosoknya supaya noda bisa cepat hilang ya.

5. Cermin Buram

 

 

Ilustrasi membersihkan kaca dan cermin dengan soda. (rumahlia.com)

Minuman bersoda juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan cerminmu yang mulai buram lo. Caranya, semprotkan minuman bersoda ke permukaan kaca atau cermin, lalu gosok dengan koran atau filter kopi supaya lebih efektif.

6. Saluran Air Macet

 

 

Ilustrasi membersihkan saluran air dengan soda. (pexels.com)

Saluran air atau wastafelmu macet? Cukup tuangkan sekaleng soda dan diamkan sementara waktu sebelum disiram dengan air bersih. kandungan asam yang tinggi dalam soda mampu melarutkan kotoran yang menempel di pipa saluran air lo.

Itulah beberapa manfaat dari minuman soda untuk membersihkan barang-barang di rumah. Selamat mencoba ya! (IB07/E06)