Lebih Asyik Mana, Nonton Film di Rumah atau Bioskop?

Menatap layar, alur cerita tergambar, seketika hati nggak lagi terasa hambar. Mungkin itulah pengalaman yang dirasakan sebagian orang saat menonton film. Tapi, untuk melakukan kegiatan ini, setiap orang punya pilihan yang berbeda, lo. Ada yang lebih suka nonton di bioskop, ada pula yang lebih suka nonton di rumah. Apa saja alasan mereka ya?

Lebih Asyik Mana, Nonton Film di Rumah atau Bioskop?
Menonton film. (Konisberg.ru)

Inibaru.id – Menonton film nggak jarang jadi aktivitas favorit untuk menghibur diri. Menjelang pekan atau saat hari libur tiba, antrean di bioskop pun hampir selalu padat. Yap, ini karena bagi sebagian orang, menonton film lebih mengasyikan lewat bioskop, seperti kata Julio Andrianus Adam, mahasiswa asal Padang.

Bagi Julio, menonton film adalah hobi. Dia selalu update film-film teranyar di layar lebar. Dalam sebulan, dia mengaku bisa sampai tiga kali menikmati film di bioskop. Menurut Julio, menonton film di bioskop lebih memuaskan keinginannya.

“Aku selalu pengin apresiasi para sineas. Makanya berapapun bayarnya, aku rela nonton di bioskop. Selain itu, nonton di bioskop lebih puas, layarnya besar, suaranya nge-bass, mantap lah pokoknya,” jelas mahasiswa semester tujuh itu.

Film di bioskop juga selalu lebih dulu dirilis ketimbang di media lainnya. Hal ini jadi alasan lain Julio memilih menonton di bioskop.

Sebagian orang merasa nonton di bioskop lebih asyik ketimbang nonton di rumah. (Techinasia.com)

“Aku suka nggak sabar kalau harus nunggu film diunggah di aplikasi. Meskipun gratis, tapi greget saja karena sudah penasaran duluan,” lanjutnya.

Nggak cuma itu, menurut pemuda yang mengagumi film bertema superhero tersebut, nonton film di bioskop juga bisa sekaligus jalan-jalan. Jadi, selain dapat pengalaman memuaskan saat menonton, pikiran Julio juga lebih tenang karena bisa jalan-jalan.

Hobi Julio ini berbanding terbalik dengan hobi Syifa Karima. Mahasiswa asal Semarang itu justru lebih merasa nyaman menonton film di rumah.

“Kalau nonton di rumah lebih santai, mau sambil jungkir balik juga bisa. Nggak perlu jauh-jauh harus ke mall, kan bisa hemat,” ujar Syifa.

Menonton film di rumah juga asyik, lo. (INT)

Dia juga bercerita, dirinya kerap menonton di rumah karena hobi mengumpulkan kaset DVD film. Katanya, ada kesenangan tersendiri saat punya koleksi film di rumah.

“Aku dulu sering beli kaset, kadang-kadang nyewa. Enaknya, aku bisa nonton kapanpun aku mau dan bisa diulang berkali-kali saat aku nggak terlalu paham sama jalan ceritanya. Pokoknya lebih leluasa saja,” akunya.

Sayang, penjualan kaset DVD kini nggak semasif dulu, begitu pula dengan tempat penyewaannya. Gara-gara ini, hobi Syifa mengoleksi kaset DVD terhenti.

Koleksi kaset film DVD. (Bengkelmusik.com)

“Karena lebih susah dicari, jadi aku sudah lama nggak nonton lewat kaset. Sekarang aku coba pake aplikasi, banyak kok yang gratis. Lebih praktis, meski harus agak sedikit bersabar,” tandasnya.

Eh, kalau kamu lebih suka nonton di mana, Millens? Yang jelas, di mana pun kamu nonton, jangan melakukan hal-hal yang merugikan para sineas ya. Semisal, merekam film dengan handycam secara sembunyi-sembunyi di bioskop atau menonton versi bajakannya.

Kalau mau bajak, bajak saja hati gebetanmu! Ha-ha. (Verawati Meidiana/E03)