Empat Kapal Nelayan di Pati Terbakar

Empat kapal nelayan terbakar di muara sungai Silugonggo, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati, Jawa Tengah pada Kamis (9/8/2018) sore. Hingga kini, penyebab kebakaran masih diselidiki.

Empat Kapal Nelayan di Pati Terbakar
Empat unit kapal nelayan di muara Sungai Silugonggo, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terbakar, Kamis (9/8/2018) sore. (Polres Pati)

Inibaru.id – Empat kapal nelayan milik PT Duta Putra Utama Makmur yang bersandar di muara sungai Silugonggo, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati, Jawa Tengah terbakar pada Kamis (9/8/2018) sore. Tiga kapal yang terbakar berjenis purse seine, sedangkan satu di antaranya adalah kapal kosong.

Untuk memadamkan api, Pemerintah Kabupaten Pati menurukkan 14 unit mobil kebakaran. Kendati demikian, petugas pemadam kebakaran masih kewalahan karena kencangnya tiupan angin dan sulitnya medan. Selain itu, bahan bakar kapal yang masih tersisa dan konstruksi kapal yang terbuat dari kayu memicu api terus membesar seperti ditulis Kompas.com, Jumat (10/8).

Nelayan lain yang kapalnya berada di dekat lokasi kejadian langsung memindahkan kapalnya karena khawatir api akan merambat. Beruntung, tim pemadam kebakaran bisa memadamkan si Jago Merah sebelum menyebar ke kapal lain.

Hingga kini, penyebab pasti kebakaran kapal masih diselidiki pihak berwajib.

“Kita belum tahu penyebabnya, masih kita selidiki. Petugas masih terus berusaha memadamkan api,” ungkap Kepala Syahbandar Juwana Japet Simanjuntak.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian akibat terbakarnya empat kapal itu ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

Semoga pihak berwajib dapat mengusut tuntas kasus ini ya, Millens. (MG12/E04)