Empat Cara Mudah Cegah Sakit di Musim Pancaroba

Empat Cara Mudah Cegah Sakit di Musim Pancaroba
Menjaga kesehatan di musim pancaroba dengan olahraga. (Beritagar)

Musim pancaroba telah datang. Di musim ini cuaca jadi nggak menentu sehingga mengundang bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh. Tenang saja, tetap ada cara untuk mencegahnya kok.

Inibaru.id – Musim pancaroba merupakan masa peralihan antara dua musim, yakni penghujan dan kemarau. Musim pancaroba dikenal sebagai musim penyakit karena beberapa virus dan bakteri mulai menyerang imun. Hal ini bikin tubuh mudah menderita sakit seperti flu, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Meski penyakit tersebut dapat diobati dengan mudah, namun gejala-gejalanya bakal mengganggu kenyamanan dan aktivitas harianmu. Eits,  nggak perlu khawatir! Dilansir dari Hello Sehat (29/5/2019), berikut empat cara yang bisa kamu ikuti agar terjauh dari penyakit di musim pancaroba.

Minum Air Putih dengan Cukup

Minumlah yang cukup. (Food.detik)

Air putih nggak cuma menghilangkan rasa haus saja lo, tapi juga menjadi elemen penting dalam membentuk plasma darah, menjaga kelembapan tubuh dan membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Itu mengapa ketika tubuh kekurangan cairan, organ tubuhmu jadi nggak bisa bekerja dengan maksimal. Sebab itu, minum lah air sebanyak 1.200 - 2.000 ml untuk menjaga sistem kekebalan tubuh di musim pancaroba ya, Millens!

Meningkatkan Memakan Makanan Bergizi

Makan-makanan bergizi dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu. (Kompas)

Agar tak mudah sakit, tingkatkan sistem imunmu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi lewat makanan bergizi. Makanan yang mengandung vitamin C, zat besi, dan protein ternyata sangat mendukung sistem kekebalan tubuh lo. Kandungan tersebut dapat kamu temui dalam makanan-makanan seperti jeruk, sayuran hijau, ikan, telur, dan daging merah.

Tidur dengan Cukup

Tidur penting untuk mengistirahtkan tubuh. (Klikdokter)

Tidur merupakan waktu bagi organ tubuhmu untuk beristirahat dari segala aktivitas. Kurang tidur dan sering begadang akan membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah sakit. Untuk mencegah hal itu terjadi, hindarilah kegiatan-kegiatan seperti bermain ponsel hingga larut malam, bepergian yang nggak perlu, atau nongkrong nggak jelas. Kamu juga bisa mengatur kembali jam tidur dan jam bangun kamu, Millens!

Rutin Berolahraga

Olahraga rutin menyehatakan tubuh dan membuat bahagia. (Klikdokter)

Musim yang nggak menentu emang bikin mager. Eits tapi jangan sampai malas berolahraga ya, Millens! Selain menyehatkan, olahraga juga akan membuat mood kamu jadi bahagia. Sebab selama kamu berolahraga, hormon dopamim yang merangsang timbulnya perasaan senang akan diproduksi. Dopamim juga berfungsi bagi sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh kamu terhadap infeksi, lo.

Jika empat hal ini kamu ikuti, niscaya kamu bakal terhindar dari sakit. Sudah siap hadapi musim pancaroba, Millens? (MG26/E06)