Elkan Baggot, Calon Bek Timnas U-19 dari Ipswich Town

Elkan Baggot, Calon Bek Timnas U-19 dari Ipswich Town
Elkan Baggot bermain di Ipswich Town. (VocketFc)

Di antara 46 nama yang dipanggil oleh Timnas Indonesia U-19 ada satu nama yang menarik perhatian yakni Elkan Baggot. Bek berdarah Inggris-Indonesia tersebut diproyeksikan menjadi bek Timnas U-19 dalam menghadapi Piala Asia.

Inibaru.id - Melalui situs resmi PSSI, Timnas Indonesia U-19 mengumumkan 46 pemain yang dipanggil untuk berlatih, Selasa (21/7/2020). Salah satu nama yang menarik perhatian ialah Elkan Baggot, bek muda Ipswich Town dari Liga Inggris.

Barangkali, nama ini masih asing di telinga para penggemar sepak bola di Indonesia dibanding Witan Sulaiman. Pemain keturunan Inggris-Indonesia tersebut akan dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19.

Selain Piala Asia, Timnas Indonesia U-19 juga akan berlaga di Piala Dunia U-20 tahun depan. Elkan Baggot jika terpilih seleksi diharapkan bisa memberi dampak besar buat Garuda Muda.

Elkan Baggot akan bergabung bersama Timnas U-19. (PSSI)<br>
Elkan Baggot akan bergabung bersama Timnas U-19. (PSSI)

Bedasarkan laporan Daily Mail, Elkan Baggot memang punya hasrat untuk membela Timnas Indonesia. Tujuannya ingin membantu Indonesia naik peringkat di FIF dan bikin keluarga di Indonesia bangga.

"Saya mau membantu Indonesia naik peringkat di FIFA. Saya juga ingin membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia, dan meraih trofi. Keinginan saya hanya membuat keluarga dan bangsa ini (Indonesia) bangga," kata pemain dengan tinggi 194 cm itu.

Darah Indonesia yang mengalir di tubuh Elkan Baggot berasal dari ibunya. Elkan dan keluarga sempat tinggal di Bintaro selama beberapa tahun, bahkan bersekolah di British School of Jakarta hingga 2008.

Elkan Baggot juga sempat bela Tottenham Hotspur. (Instagram/ElkanBaggot)<br>
Elkan Baggot juga sempat bela Tottenham Hotspur. (Instagram/ElkanBaggot)

Beberapa waktu  kemudian dia pindah ke Inggris. Dia mendapatkan beasiswa Professional Development Phase Scholarship selama dua tahun.

Pernah Gabung Tottenham Hotspur

Saat mengikuti program Professional Development Phase Scholarship bersama Ipswich Town, permainannya apik. Lantas manajemen klub pun menawarkannya kontrak usai beasiswa tersebut rampung. Data dari Transfermarkt menyebutkan Elkan Baggot resmi bergabung pada Juli 2019.

Elkan Baggot juga pernah bergabung bersama tim junior Tottenham Hotspur dalam ajang The Future Cup U-18. Turnamen itu digelar di Belanda.

Semoga berhasil Elkan Baggot. (IB28/E05)