Geliat Dangdut Koplo di Tangan Via Vallen dan Nella Kharisma

Dangdut koplo semakin diminati masyarakat Indonesia. Apa yang sedang terjadi?

Geliat Dangdut Koplo di Tangan Via Vallen dan Nella Kharisma
Via Vallen melakukan swafoto dengan para penonton. (Tengokberita.com)

Inibaru.id – Sayang, opo kowe krungu, jerite atiku mengharap engkau kembali. Sayang, nganti memutih rambutku, rak bakal luntur tresnaku”.

Cuplikan lagu di atas pasti sudah nggak asing bagi Sobat Millens. Yap, kepopuleran lagu berjudul “Sayang” itu memang bukan isapan jempol semata. Lirik berbahasa Jawa yang ringan dan mudah dicerna dipadukan dengan irama dangdut yang energetik menjadikan lagu tersebut sebagai paket lengkap yang digandrungi banyak kalangan.

Nggak cuma punya irama yang enak didengar, kesuksesan lagu “Sayang” juga nggak lepas dari peran sang penyanyi, Via Vallen. Namanya semakin terkenal mengiringi kepopuleran lagu tersebut. Selain Via, ada pula Nella Kharisma yang moncer berkat lagu “Jaran Goyang” yang dinyanyikan ulang olehnya.

Berdasarkan Youtube Rewind yang dirilis pada 2017 lalu, lagu “Sayang” dan “Jaran Goyang” nangkring di puncak pencarian. Kedua lagu itu bahkan mengalahkan ketenaran lagu-lagu pop Tanah Air.

Lagu “Sayang” yang dipopulerkan Via Vallen telah ditonton sebanyak 138 juta kali hingga bulan Maret 2018. Sementara, lagu “Jaran Goyang” yang dinyanyikan Nella Kharisma mencapai angka 148 juta penonton sejak diunggah April 2017 lalu.

Baca juga:
Tren Joget Koplo Ala Temon Holic
Perlukah Memandang Dangdut dengan Sebelah Mata?

Menggunakan saluran digital seperti Youtube, genre musik ini nggak hanya meraup pasar yang sudah ada, tetapi juga menciptakan pasar baru. Nggak heran kalau banyak kalangan yang sebelumnya nggak kenal musik dangdut jadi familiar lantaran hadirnya kedua lagu fenomenal itu.

Lutfiana Ulfa, mahasiswi asal Demak mengaku mulai menyukai musik dangdut karena mendengar dendangan dangdut jawa hiphop yang saat ini sedang populer.

“Setelah ada Via Vallen, sedikit kecantol dan ngerti sama (musik) dangdut, terus jadi agak suka dangdut,” akunya.

Hal yang sama juga diungkapkan Wahyu Dwiastuti. Mahasiswi asal Lampung tersebut mengatakan baru mengenal musik dangdut akhir-akhir ini.

“Dulu, di Lampung, nggak terlalu familiar sama dangdut. Jadi, biasa saja sama dangdut,” jelasnya.

Penampilan Via Vallen dan Nella Kharisma juga mengubah citra dangdut saat ini. Kalau dulu, biduan dangdut sempat identik dengan pakaian seksi dan goyangan “nakal”, Via Vallen dan Nella Kharisma justru berpakaian sopan dan cenderung mengikuti tren terkini anak muda.

“Setahuku kalau manggung dia bajunya sopan. Aku pernah beberapa kali lihat penampilan di TV dan medsos dan (pakaiannya) sopan. Keluar dari image penyanyi dangdut yang seksi,” lanjut Wahyu.

Baca juga:
Menakar Posisi Dangdut di Indonesia
Ketika Penggemar Dua K-Pop Bersaing di iHeartRadio Music Awards

Menurut pengamat musik dangdut, Muttaqin, masyarakat saat ini jauh lebih jeli memilih tontonan dan hiburan. Mereka sudah tidak mau lagi terjebak dengan artis-artis dangdut yang hanya mengumbar kontroversi.

 “Melihat fenomena ini, mungkin  ada perubahan persepsi di masyarakat tentang bagaimana penyajian dangdut itu sebenarnya,” jelas dosen seni musik Unnes itu, Rabu (7/3/2018).

Lebih lanjut, dia juga mengatakan kalau dangdut akan hidup menyesuaikan persepsi yang ada di masyarakat. Menurutnya, mengikuti persepsi itulah citra musik dangdut akan dibangun. (MEI/GIL)