Efek Olimpiade Tokyo 2020, Pedagang Jepit Rambut Banjir Rezeki

Efek Olimpiade Tokyo 2020, Pedagang Jepit Rambut Banjir Rezeki
Yang Qian memakai jepit rambut bentuk bebek warna kuning yang menarik perhatian. (Reuters/Ann Wang)

Jepit rambut yang dipakai atlet tembak Tiongkok putri yang berhasil memboyong emas Olimpiade Tokyo 2020 membawa berkah tersendiri. Tiga tahun nggak dilirik, aksesori berbentuk bebek kuning itu tiba-tiba laku puluhan ribu buah dalam waktu singkat.

Inibaru.id - Di balik perjuangan para atlet yang mengikuti Olimpiade Tokyo 2020, terselip kisah unik. Ada yang berupa perjuangan mereka sejak kecil, atau pernak-pernik barang yang mereka pakai selama berlaga.

Nah, cerita unik berasal dari atlet Tiongkok Yang Qian. Nggak cuma berhasil mengamankan medali emas dari cabang olahraga menembak, Yang juga membawa berkah untuk pedagang jepit rambut, lo. Kok bisa sih?

Rupanya jepit rambut dipakai Yang Qian itu menjadi buruan banyak orang setelah kemenangannya.

Jadi, ketika bertanding, atlet 21 tahun itu selalu menggunakan jepit rambut berbentuk bebek kuning. Kepada media Tiongkok, Yang mengaku jepit rambutnya sebagai jimat keberuntungan.

"Segera setelah Yang Qian memenangkan medali emas pertama, kami meluncurkan laman marketing dengan poster berisi gambarnya dan kalimat 'merayakan Yang Qian memenangkan kejuaraan'. Kami juga menurunkan harga sedikit sementara waktu," kata Hu Jungang, seorang pemilik toko online yang menjual jepit rambut itu, kepada saluran televisi CCTV, dikutip dari SCMP, Jumat (30/7/2021).

Ribuan jepit rambut laku usai Yang Qian memenangkan emas pertama. (Ist)
Ribuan jepit rambut laku usai Yang Qian memenangkan emas pertama. (Ist)

Kata Hu, satu jam setelah laman itu diluncurkan, ribuan jepit rambut kuning berbentuk bebek seperti milik Qian terjual habis. "Lebih dari 10.000 buah terjual dalam setengah hari," dia menambahkan.

Wah, jeli juga ya memanfaatkan kesempatan? Sebelum dipakai sang atlet hingga memenangkan emas di Olimpiade Tokyo, jepit rambut itu bisa dibilang nggak laku. Produk itu bahkan sudah tersedia di pasaran sejak tiga tahun lalu.

"Dulu, aku hanya bisa menjual sampai 100 jepit sehari. Sekarang, penjualan harian melewati 10 ribu," kata Mao Xuxia, seorang pengusaha di Yiwu International Trade Market, Yiwu, Zhejiang, kepada Qianjiang Evening News.

Luar biasa sekali ya efek Olimpiade Tokyo 2020 ini, Millens? Jepit rambut saja bisa sampai laku keras! (Lip/IB21/E07)