Efek Corona, Daftar Ulang SNMPTN Diubah Jadi Daring

Efek Corona, Daftar Ulang SNMPTN Diubah Jadi Daring
Registrasi maba dilakukan secara daring. (Explorance)

Pandemi corona mengubah total proses pendaftaran ulang mahasiswa baru di PTN-PTN Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang mewajibkan calon mahasiswa harus datang ke kampus, tahun ini registrasi ulang bisa dilakukan secara daring.

Inibaru.id – Pandemi covid-19 ternyata juga mempengaruhi proses pendaftaran ulang calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri(PTN). Beberapa PTN menerapkan pendaftaran ulang secara online bagi para peserta didik yang dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020. Kebijakan ini diterapkan demi mencegah penularan virus corona.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjajaran (Unpad) Dandi Supriadi mengatakan, pendaftaran ulang saat masa pandemi corona akan dibuatkan skema khusus.

“Daftar ulangnya full online. Jadi calon maba (mahasiswa baru) upload semua dokumennya. Sistemnya sudah disiapkan,” kata Dandi di Bandung, Selasa (7/4/2020).

Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. (Kompas.com/Reni Susanti)<br>
Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. (Kompas.com/Reni Susanti)

Proses ini tentu sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang mewajibkan maba datang ke kampus untuk melakukan registrasi. Calon mahasiswa yang lolos SNMPTN Unpad bisa mengunggah dokumen pada 13-30 April 2020. Hanya, tautan dan keterangan proses daftar ulang masih belum diinformasikan.

Daftar ulang secara daring juga diterapkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) guna mengantisipasi penyebaran covid-19. Peserta yang lolos SNMPTN bisa melakukan proses daftar ulang melalui laman pmb.upi.edu pada 12-15 April 2020.

Kasi Hubungan Eksternal Kantor Hubungan Masyarakat UPI Yana Setiawan mengatakan proses penerimaan maba telah terjadwal oleh UPI dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Bagi maba yang hendak melakukan verifikasi wajib menyertakan biodata dan surat pernyataan yang bisa diunggah secara daring.

Universitas Pendidikan Indonesia. (Quipper)<br>
Universitas Pendidikan Indonesia. (Quipper)

"Sekarang verifikasi dengan sistem online, berdasarkan data yang diinputkan oleh peserta dan tetap diverifikasi oleh direktorat akademik UPI," ucap Yana.

Hal yang sama juga dilakukan PTN di luar Jawa seperti Universitas Andalas (UNAND). Peserta yang lulus SNMPTN bisa melakukan registrasi ulang secara online di laman pmb.unand.ac.id atau ukt.unand.ac.id. Dalam laman tersebut sudah dijelaskan terkait langkah-langkah pendaftaran online dari awal hingga akhir.

Jadwal registrasi online UNAND berlangsung padal 13 April-5 Mei 2020. Meski begitu, sesi pemeriksaan kesehatan tetap dilakukan di rumah sakit UNAND setelah peserta mengunduh formulir secara daring.

Alur registrasi maba di Unand. (Pmb.unand.ac.id)<br>
Alur registrasi maba di Unand. (Pmb.unand.ac.id)

Pemeriksaan kesehatan (jadwal menyusul) meliputi kesehatan umum, kesehatan gigi, narkoba, HIV, dan untuk program studi dengan syarat bebas ketunaan (daftar terlampir) ditambah pemeriksaan buta warna,” tulis situs resmi pmb.unand.ac.id.

Bagi kamu yang masih penasaran dengan hasil SNMPTN, pengumumannya sudah keluar hari ini, Rabu (8/4/2020), lo. Kamu bisa mengeceknya di situs LTMPT atau di laman universitas yang kamu tuju. Semoga lolos di PTN yang kamu cita-citakan ya, Millens! (Det/MG26/E07)