Edy Beberkan Alasan Mundur dari Ketum PSSI

Edy Rahmayadi secara resmi mengundurkan diri dari Ketua Umum PSSI saat Kongres Tahunan PSSI di Bali, Minggu (20/1/2019). Sebelum ini, Edy sempat didesak suporter Indonesia untuk mundur dari jabatannya.

Edy Beberkan Alasan Mundur dari Ketum PSSI
Edy Rahmayadi resmi mundur dari jabatannya dari Ketua Umum PSSI (Tirto.id/Andrey Gromico)

Inibaru.id – Berita mengejutkan datang dari Kongres PSSI yang diadakan di Hotel Sofitel, Bali, Minggu (20/1/2019). Ketua umum PSSI yang juga merupakan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai orang nomor satu di dunia sepakbola Indonesia.

Bola.com, Minggu (20/1) menulis, Edy mengumumkan pengunduran dirinya saat memberikan sambutan pembukaan Kongres Tahunan PSSI. Menurut Edy, langkah ini diambil sebab dia merasa nggak haus kekuasaan. Dia juga menganggap keputusannya itu diambil demi membuat PSSI menjadi lebih baik baik di masa depan.

“Demi PSSI yang lebih maju, saya nyatakan hari ini saya mundur dari Ketua Umum PSSI. Syaratnya jangan khianati PSSI. Jangan kita merusak rumah besar kita, warisan leluhur kita,” lanjutnya.

Edy mengaku sudah lama mempertimbangkan keputusan ini. Dia juga membantah anggapan pengunduran dirinya itu karena ingin lari dari tanggung jawab.

“Saya mundur bukan tidak bertanggung jawab, tapi karena saya bertanggung jawab,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, PSSI sedang mengalami prahara kasus pengaturan skor. Banyak anggota dan pejabat eksekutifnya yang ditangkap Satgas Mafia Bola yang dibentuk Kepolisian RI.

Jawaban untuk Suporter Sepak Bola Indonesia

Kendati cukup mengejutkan, keputusan mundur Edy Rahmayadi sebenarnya sudah ditunggu-tunggu suporter sepak bola di seluruh Indonesia. Tagar #EdyOut telah menggema di media sosial semenjak Edy merangkap jabatan sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Sejumlah kasus yang menimpa dunia sepak bola Tanah Air seperti kerusuhan yang menewaskan beberapa suporter, hingga carut-marutnya kondisi liga dan skandal pengaturan skor membuat desakan bagi Edy untuk mundur dari jabatannya semakin keras.

Kalau menurut sobat Millens, PSSI bakal lebih baik nggak sih setelah Edy mundur? Atau malah bakal semakin buruk? (IB09/E04)