E-Voting Belum Bisa Dilakukan di Indonesia, Ini Penyebabnya

<em>E-Voting</em> Belum Bisa Dilakukan di Indonesia, Ini Penyebabnya
Electronic Voting. (Jakarta45)

Masalah infrastruktur daerah, kemampuan sumber daya manusia, dan sosialisasi membuat Indonesia dinilai belum siap melakukan pemungutan suara secara elektronik. Hasil kajian Perludem bahkan mengungkap jika e-voting nggak cocok diterapkan di Indonesia.

Inibaru.id – Kamu tampaknya masih harus menunggu Pemilu dilakukan secara electronic voting (e-voting). Pasalnya pemilu yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April mendatang ini belum dapat dilakukan secara elektronik, Millens.

Sebenarnya, pada Pemilu 2014, Pilkada 2015, dan Pilkada 2017 Komisi Pemilihan Umum sudah menerapkan teknologi e-recapitulation atau biasa disebut Sistem Informasi Pungut Hitung. Namun, sejauh ini Indonesia belum pernah melaksanakan pemilu secara e-voting.

Dikutip idntimes.com (24/2), Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan e-voting belum bisa diterapkan di Indonesia karena masih banyak kendala terutama infrastruktur daerah. “Masalahnya bukan rekapitulasi, tapi infrastruktur di daerah-daerah belum bagus, sehingga e-voting masih belum bisa diterapkan di Indonesia,” ujar Ilham. Selain masalah infrastruktur daerah, KPU masih terganjal masalah sumber daya manusia.

Perludem Tak Setuju Penerapan E-Voting

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyatakan kurang setuju dengan penerapan e-voting dalam pemilu. Sebab, dari kajiannya, sistem itu masih rawan kecurangan. “Berdasarkan kajian Perludem, e-voting tidak relevan digunakan di Indonesia. E-voting yang dilakukan di negara lain saja ditemukan kecurangan dalam proses pemungutan suaranya,” kata Direktur Eksekutif Perludem Titi Angaraini.

Meskipun, pemilu belum bisa dilakukan secara e-voting, KPU sudah siap menyelenggarakan menyelenggarakan pesta demokrasi ini. Ketua KPU Arif Budiman mengaku nggak menerima laporan kekurangan keuangan anggaran. Artinya semua berjalan dengan lancar. Kalau kamu setuju nggak pemilu dilakukan secara e-voting? (IB24/E05)