Duta Besar Arab Blak-Blakan Soal Kondisi Habib Rizieq Sewaktu di Arab

Duta Besar Arab Blak-Blakan Soal Kondisi Habib Rizieq Sewaktu di Arab
Esam Abid Althfaqi menjelaskan kondisi Habib Rizieq. (Detik)

Akun Twitter @news_fpi mengunggah sebuah wawancara kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althfaqi. Dia menerangkan soal kondisi Habib Rizieq ketika berada di Arab.

Inibaru.id - Sosok Imam Besar FPI Habib Rizieq dibuka secara terang-terangan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althfaqi. Hal itu dia sampaikan dalam sebuah wawancara yang diunggah di akun Twitter @News_FPI pada 30 November 2020.

Wawancara yang berlangsung pada Minggu 29 November 2020 dan berjalan selama 25 menit itu menyinggung bagaimana Habib Rizieq diperlakukan Pemerintah Arab Saudi, kemudian juga nggak luput dari FPI.

Pertama Esam menjelaskan tentang isu kalau Habib Rizieq sempat dideportasi dari Arab Saudi karena melebihi masa tinggalnya di sana. Hal itu juga sempat disampaikan oleh Duber RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegeberiel.

"Tidak ada masalah saat dia tinggal di negara (Arab Saudi) karena itu keputusan Habib Rizieq Shihab sendiri, itu bukan keputusan kami," kata Esam Abid Althaqfi.

Kemudian untuk isu deportasi Esam juga menjawab jika kala itu setelah Habib Rizieq memutuskan mau pulang ke Indonesia, maka otoritas Arab Saudi pun mengizinkannya.

Habib Rizieq dipersilakan pulang jika ingin pulang saat di Mekkah. (New Bintang Timur)<br>
Habib Rizieq dipersilakan pulang jika ingin pulang saat di Mekkah. (New Bintang Timur)

"Pada awalnya ada semacam afiliasi negara tapi setelah itu normal. Dia (Habib Rizieq Shihab) lebih suka tinggal sebentar dan dia memutuskan kembali (ke Indonesia) kami mengizinkannya untuk kembali," kata Esam Abid Althaqfi.

Esam lalu juga menuturkan kalau ada komunikasi yang erat antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi soal Habib Rizieq Shihab yang tinggal di Mekkah. Selain itu dia juga nggak lupa menyinggung tentang kebenaran adanya banyaknya denda yang diterima Rizieq selama di Makkah.

"Itu secara individual saja, tidak ada masalah atau jenis pelanggaran apapun. Itu adalah sistem imigrasi negara, Dia memilih untuk tinggal sampai tiba waktunya kembali ke Indonesia. Itulah yang terjadi," jawab Esam Abid Althaqfi.

Akun Twitter @news_fpi mengunggah wawancara itu pada 30 November 2020 dan di-retweet oleh FPI . Dengan itu seakan mereka hendak membantah berbagai tudingan miring tentang Imam Besarnya. Selain itu juga dibubuhi narasi seperti ini:

"Tanpa beban dan tidak berbelit-belit, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia menyampaikan perihal Imam Besar Habib Rizieq selama tinggal di Arab Saudi. Siapa yg bohong?" cuit FPI seperti dikutip dari unggahan akun twitter @News_FPI pada Selasa, 1 Desember 2020.

Hm, menurutmu gimana, Millens. (IB28/E05