Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya
Hati-hati saat makan ikan. Durinya bisa nyangkut di tenggorokan dan membuatmu merasa tidak nyaman. (Flickr/ Takeshi Sasaki)

Siapa sih yang nggak suka dengan daging ikan? Rasanya enak dan tinggi nutrisi. Hanya, terkadang setelah memakannya ada duri yang nyangkut di tenggorokan. Bagaimana cara mengatasinya, ya?

Inibaru.id – Daging ikan adalah salah satu sumber protein yang sangat baik untuk tubuh. Rasanya juga enak sehingga digemari oleh banyak orang. Hanya, terdapat satu hal dari ikan yang bisa bikin nggak nyaman, yakni duri ikan.

Terkadang, duri tidak bisa dihancurkan saat kita mengunyah ikan di mulut. Duri yang keras dan lancip ini akhirnya akan tersangkut di tenggorokan. Rasanya tentu akan sangat sakit dan nggak nyaman saat menelan.

Kalau kamu sudah merasa nggak nyaman dengan tersangkutnya duri ini, sebaiknya segera mencari cara untuk mengatasinya. Berikut adalah cara-cara untuk menghilangkan duri yang nyangkut di tenggorokan. Yuk, simak!

1.       Batuk yang Kencang

Coba keluarkan duri dengan batuk. (kompas.com)
Coba keluarkan duri dengan batuk. (kompas.com)

Batuk dapat mengeluarkan duri ikan yang tertelan di tenggorokan. Cara ini dipercaya dapat mendorong tulang ikan keluar. Hanya, kamu nggak boleh memaksakan diri untuk mencoba batuk dengan keras, apalagi dengan sengaja memasukkan jari hingga ke tenggorokan. Bisa jadi dampaknya malah kurang baik.

2.       Minum Air Garam

Coba dengan meminum air garam. (Shutterstock/Alexeysun)
Coba dengan meminum air garam. (Shutterstock/Alexeysun)

Kalau kamu sudah mencoba cara pertama namun gagal, cobalah untuk meminum segelas air hangat yang ditambahkan garam demi menghilangkan duri yang nyangkut di tenggorokan.

Apabila tulang ikan yang nyangkut ukurannya cukup kecil, tulang tersebut nantinya akan terbawa dengan sendirinya sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan. Tenggorokanmu pun nggak akan lagi terasa sakit.

3.       Makan Marshmallow

Makan marshmallow. (Gritineducation.com)
Makan marshmallow. (Gritineducation.com)

Minum air garam yang asin memang bisa membikin nggak nyaman. Kamu bisa menggantinya dengan camilan marshamllow. Camilan dengan tekstur yang tebal dan kenyal ini bisa menjadi lebih lengket dan bisa menarik tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Duri ini pun akhirnya bisa dihancurkan di lambung.

4.       Minum Minyak Zaitun

Dorong tulang ikan dengan minyak zaitun. (Tribunnews)
Dorong tulang ikan dengan minyak zaitun. (Tribunnews)

Minyak zaitun merupakan salah satu pelumnas alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Kamu bisa meminum 1-2 sendok makan minyak zaitun secara langsung atau mencampurkannya dengan air hangat. Setelah meminumnya, tulang ikan akan melunak dan akhirnya lepas dari tenggorokan.

5.       Makan Buah Pisang

Bisa juga dengan buah pisang. (Bastille post)
Bisa juga dengan buah pisang. (Bastille post)

Kamu juga bisa memakan satu buah pisang. Sebagaimana nasi atau marshamallow, pisang cenderung kenyal dan bisa menarik duri atau tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Pisang juga termasuk dalam buah yang manis sehingga sangat nikmat untuk dikonsumsi. Kamu pun nggak akan merasa tidak nyaman saat mengonsumsinya.

6.       Makan Roti dan Minum Air

Makan roti dan segelas air putih. (Foodmexicoyyo)
Makan roti dan segelas air putih. (Foodmexicoyyo)

Sama seperti pisang, menelan roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga bisa digunakan untuk menghilangkan tulang yang menempel di tenggorokan. Tulang yang nyangkut sebelumnya akan menempel pada roti, sehingga dapat mendorong tulang masuk ke dalam saluran pencernaan.

Meski ada cara untuk menghilangkan duri ikan di tenggorokan, sebaiknya kamu lebih berhati-hati saat mengonsumsi daging ikan sehingga nggak mengalami masalah duri nyangkut, ya Millens!  (Kom/MG31/E07