Dulu Pulau Reklamasi Ditolak Anies, Kini Jadi Opsi Sirkuit Formula E

Dulu Pulau Reklamasi Ditolak Anies, Kini Jadi Opsi Sirkuit Formula E
Pantai Maju Bersama di Pulau Reklamasi jadi opsi sirkuit balapan Formula E di Jakarta. (nkriku.com)

Usai Pemerintah Pusat nggak kunjung memberikan izin bagi Pemprov DKI untuk menggelar seri balapan Formula E di Kawasan Monas, Pemprov menyediakan 5 opsi tempat lain, salah satunya di Pulau Reklamasi yang dulu ditolak Anies.

Inibaru.id – Meski jadi perdebatan banyak pihak, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap bersikukuh bakal menggelar salah satu seri balapan Formula E. Usai opsi menggelar balapan di Monas nggak jadi, kini Pemprov DKI mengkaji sejumlah opsi lokasi, termasuk di Pulau Reklamasi yang dulu ditolak Gubernur Anies Baswedan.

Jadi gini, Millens, Pemerintah Pusat nggak kunjung memberi izin ke Pemprov DKI untuk menggelar seri balapan Formula E di Kawasan Cagar Budaya Monas. Akhirnya, rencana untuk menggelar ajang balapan mobil listrik di ikon Ibu Kota ini ditangguhkan. Pemprov pun memutuskan untuk di tempat lain yang belum diputuskan.

“Ada lima alternatif, di antaranya di kawasan Senayan dan di Pantai Maju Bersama,” terang Anies, Rabu (6/10).

Nah, soal Pantai Maju Bersama, ada di kawasan Pulau Reklamasi. Sebelum menjabat sebagai gubernur, Anies sempat mengungkap penolakannya terhadap Pulau Reklamasi yang dianggap merusak lingkungan sekaligus bisa memberikan efek buruk bagi para nelayan di Teluk Jakarta.

Di masa kampanye saat maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur DKI pada 2017, Anies juga sudah berkali-kali mengungkap niatnya untuk menghentikan reklamasi andai terpilih. Menariknya, dia sebenarnya sempat mewujudkan janjinya pada 26 September 2018, atau saat sudah benar-benar menjabat sebagai gubernur.

Sebelumnya, seri balapan Formula E di Jakarta bakal digelar di wilayah Monas, namun kemudian dibatalkan. (Kompas/Dok Formula E)
Sebelumnya, seri balapan Formula E di Jakarta bakal digelar di wilayah Monas, namun kemudian dibatalkan. (Kompas/Dok Formula E)

Saat itu, proyek reklamasi dihentikan dengan mencabut izin pada 13 pulau yang belum dibangun. Sayangnya, sudah ada empat pulau yang dibangun, yakni pulau C, D, G, serta N. Karena sudah terlanjur, akhirnya pulau-pulau ini pun dimanfaatkan pemerintah demi kepentingan masyarakat.

Melalui Keputusan Gubernur DKI Nomor 1.744 Tahun 2018 pula, Anies memtuskan untuk mengubah nama pulau-pulau reklamasi tersebut. Sebagai contoh, Pulau C diganti namanya jadi Pantai Kita, Pulau D jadi Pantai Maju, serta Pulau G jadi Pantai Bersama. Setelahnya, Pemprov pun mengeluarkan aturan untuk mengelola Pantai Kita, Maju, serta Bersama.

Sejak 23 Desember 2018, di Pantai Kita Maju Bersama sudah mulai dibangun jalur untuk jalan sehat dan sepeda santai. Kini, kawasan pantai ini bakal dijadikan salah satu opsi untuk balapan Formula E.

Meski begitu, soal di mana pastinya lokasi balapan, yang menentukan nantinya adalah Formula E Operations (FEO). Mereka akan datang ke Jakarta untuk menilik lokasi-lokasi yang bakal dijadikan opsi dan kemudian memilih yang terbaik.

Kabarnya sih, FEO bakal datang pada Oktober 2021 ini untuk melakukan survei. Namun, belum jelas secara pasti kapan survei tersebut bakal dilakukan.

Hm, jadi penasaran, kira-kira kalau sirkuitnya jadi di Pulau Reklamasi, apakah ada ikon Kota Jakarta yang bisa kita nikmati saat melihat balapan Formula E ya, Millens? (Kom,Med/IB09/E05)