Dulu Kotor, Kini Selokan di Mugas, Semarang Jadi Kolam Ikan yang Cantik

Dulu Kotor, Kini Selokan di Mugas, Semarang Jadi Kolam Ikan yang Cantik
Lurah Mugassari, Sri Suhartini yangmengusulkan ide membuat kolam ikan di selokan. (suaramerdeka/Eko Edi Nuryanto)

Selokan yang ada di Mugassari, Kota Semarang, kini dihiasi dengan ikan yang cantik. Seperti apa sih kolam selokan unik yang satu ini?

Inibaru.id – Jika membahas selokan di kota-kota yang ada di Indonesia, yang terbayang tentu adalah selokan yang kotor, bau, dan penuh sampah. Namun, selokan yang ada Kota Semarang justru bisa dijadikan kolam ikan yang cantik. Seperti apa sih selokan ini?

Selokan yang nggak biasa ini berada di kawasan Gergaji Pelem, Kelurahan Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan. Ide untuk membuat kolam ikan di selokan ini berasal dari Lurah Mugassari, Sri Suhartini.

Selokan dengan ikan di Mugas. (TribunJateng/Like Adelia)
Selokan dengan ikan di Mugas. (TribunJateng/Like Adelia)

Sebelumnya, Sri Suhartini memiliki angan-angan untuk membuat hal yang sama saat masih menjabat di Kelurahan Bulustalan. Hanya saja, Dia baru bisa mewujudkannya saat menjabat sebagai Lurah di Mugassari.

“Di sana (Bulustalan) saya berangan-angan membuat saluran air yang mengalir menjadi kolam ikan. Belum terlaksana sudah pindah ke Mugassari. Jadi saya terapkan di sini. Saya cari tempat yang cocok, di RW VI, Gergaji Pelem, di belakang Polda Jateng,” terang wanita yang juga sempat menjadi Lurah di Wonosari dan Gondoriyo tersebut.

Setelah menjabat sebagai Lurah di Mugassari, Sri langsung melakukan koordinasi dengan warga untuk mewujudkan kolam ikan ini. Rapat pun mulai dilakukan di November 2019. Pada awal Desember 2019, proses penebaran bibit ikan pun dimulai.

“Kami uji coba selama dua minggu dengan ikan lele dan nila. Ternyata, ikan tambah gemuk, jadi tidak ada masalah,” ucap Sri.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek ikan dari selokan. (dlh.semarangkota.go.id)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek ikan dari selokan. (dlh.semarangkota.go.id)

Bersama dengan warga setempat, sistem untuk kolam ikan di selokan ini terus mengalami perbaikan. Akhirnya, warga sepakat untuk menerapkan sistem pilah dan saring air. Sistem ini pun membuat air di selokan tersebut bersih dan tidak tercemar zat kimia.

Kini, selokan yang awalnya kotor telah berubah menjadi kolam ikan cantik bernama Taman Ikan Ulam Sari. Keberadaan kolam ikan ini membuat warga sekitar enggan untuk membuang sampah sembarangan karena sayang dengan kebersihan dari kolam tersebut.

Wah kreatif banget ya dienya! Semoga banyak warga Semarang yang turut mencontoh inovasi satu ini ya, Millens(IB09/E06)