Dulu Jadi Olok-Olok, Kini Helm TRX Legendaris Harganya Jutaan Rupiah

Dulu Jadi Olok-Olok, Kini Helm TRX Legendaris Harganya Jutaan Rupiah
Helm TRX legendaris. (Twitter/sbyfess)

Bentuknya yang aneh karena lonjong dan dianggap mirip helm astronot, helm TRX dulu jadi bahan olok-olok. Kini, helm ini dianggap legendaris dan harganya dibandrol jutaan rupiah!

Inibaru.id – Kamu masih ingat dengan helm TRX nggak, Millens? Helm berwarna putih ini sebenarnya adalah bawaan dari sepeda motor Honda. Kalau kamu membeli sepeda motor Honda sekitar awal 2000-an, biasanya kamu akan mendapatkan helm ini secara gratis. Masalahnya, helm berjenis full face ini bentuknya sangat aneh sehingga sering dijadikan olok-olok.

Pengguna helm ini biasanya adalah orang tua yang nggak begitu mempedulikan penampilan. Hanya, lain cerita kalau yang memakai adalah anak muda. Banyak yang mengaku malu atau terpaksa untuk memakainya karena nggak memiliki pilihan lain.

Lain dulu, lain sekarang. Kalau dulu helm ini dianggap buruk rupa dan nggak disukai, kini helm yang lebih sering dikenal dengan sebutan “TIREX”, mengacu pada sebuah jenis dinosaurus, ini ternyata dibanderol cukup mahal, lo.

Warganet pengguna helm TRX. (Twitter/fakhrrri)
Warganet pengguna helm TRX. (Twitter/fakhrrri)

Sebagai contoh, pada Mei 2018 lalu, seorang pengguna Facebook bernama Adli Pasjah Muhammad menjual helm TRX miliknya dengan harga Rp 1,7 juta. Dia menawarkannya di grup CB DKI Jakarta. Kondisi helm yang mirip dengan helm astronot ini memang masih bagus. Ditambah dengan faktor legendarisnya helm ini, bisa dimengerti mengapa harganya bisa semahal itu.

Menariknya, ada desas-desus yang menyebut grup band Sheila On 7 pernah memakai helm TRX ini untuk syuting video klip salah satu lagu Terbaik nya "Itu Aku". Memang, tema video klip lagu ini adalah penerbangan luar angkasa. Jadi, wajar jika anggota Sheila On 7 memakai helm TRX yang memang sangat sesuai dengan kebutuhan syuting.

Sheila On 7 pernah memakai helm TRX untuk video klip lagu 'Itu Aku'. (Tribunnews)
Sheila On 7 pernah memakai helm TRX untuk video klip lagu 'Itu Aku'. (Tribunnews)

Sebenarnya, ada alasan lain yang membuat helm TRX kini berharga mahal. Masa edar helm TRX nggak lama sehingga jumlahnya nggak banyak di pasaran. Mulai tahun 2005, Honda memilih untuk memberikan helm TRX-2 yang desainnya jauh berbeda dari TRX pertama.

Helm ini memang masih berjenis full face, tapi bentuknya tidak terlalu lonjong sehingga mirip dengan helm robot. Setelah itu, muncul pula helm TRX-3 yang desainnya sudah berganti menjadi half face.

Gimana Millens, kamu masih punya helm legendaris ini di rumah, nggak? (Sua/IB09/E03)