Dukungan dan Cibiran Selama Prosesi Pelantikan Anies-Sandi

Tagar #SelamatBekerjaAniesSandi menjadi topik populer selama prosesi pelantikan Gubernur-Wagub DKI Senin ini.

Dukungan dan Cibiran Selama Prosesi Pelantikan Anies-Sandi
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno saat kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara Jakarta, Senin (16/10). (M Fathra Nazrul Islam/J

Inibaru.id – DKI Jakarta memiliki pemimpin baru. Anies Baswedan resmi dinobatkan sebagai Gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10/2017). Mantan Menteri Pendidikan Indonesia itu bersanding dengan Sandiaga S Uno sebagai wakilnya. Keduanya akan memimpin Ibukota dalam lima tahun ke depan.

Ribuan, bahkan jutaan orang memberi selamat kepada Anies-Sandi baik di dunia nyata maupun jagat maya. Di Twitter, tagar #SelamatBekerjaAniesSandi segera menjadi menjadi topik paling populer Senin sore.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, ribuan cuitan warganet dikabarkan telah meramaikan tagar tersebut. Topik itu semakin ramai saat Anies-Sandi resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Balaikota DKI Jakarta.

Sebagian di antara warganet menyuarakan dukungan. Namun begitu, ada pula yang bersuara nyinyir lantaran merasa pesimistis dengan program-program yang ditawarkan Anies-Sandi. Di antara mereka, masih ada yang mendukung Ahok.

Baca juga:
Yang Unik Jelang Pelantikan Anies-Sandi
Jokowi Kritik Praktik Politik Tanpa Etika

Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama adalah mantan Gubernur DKI Jakarta sebelum dibui lantaran dianggap menodai agama Islam. Jabatan gubernur kemudian jatuh ke tangan wakilnya, Djarot Saiful Hidayat hingga tuntas Jumat (13/10) lalu.

Sebelumnya, Ahok merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Jokowi yang terpilih sebagai Gubernur pada 2012 lalu. Tampuk kekuasaan berpindah ke tangan Ahok karena Jokowi terpilih sebagai Presiden RI dua tahun berselang.

Ahok-Djarot kemudian berpasangan hingga menjelang akhir periode. Keduanya kemudian mengikuti kontestasi Pilgub DKI Jakarta sebagai petahana, melawan Agus Harimurti-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) dan Anies-Sandi.

Pada putaran pertama Agus-Sylvi tersingkir. Nah, pada putaran head to head, Anies-Sandi berhasil menjuarai pertarungan sengit penuh manuver yang bahkan membuat Ahok masuk terungku.

Kini, babak baru telah dimulai. Anies-Sandi telah resmi menjadi pengambil kebijakan di Ibukota. Sorot mata seluruh warga Indonesia pun terarah padanya karena Jakarta adalah role model bagi kota-kota lain di Nusantara.

Sebuah akun Twitter atas nama @rumial_latief mengucapkan selamat atas pelantikan Anies-Sandi. “Barakallah... smoga dimudahkan, d kuatkan untk mengemban yg Allah titipkan pak #selamatBekerjaAniesSandi,” tulis dia.

Baca juga:
Tahap II, Bank Dunia Kembali Pinjami Indonesia Rp 4,05 T
Ajakan Jaga Kemajemukan dari Shinta Nuriyah di Kopenhagen

Setali tiga uang, akun @meilaz_mania juga menyatakan dukungannya. “#SelamatBekerjaAniesSandi semoga bisa menjaga amanah, semoga Jakarta ga gaduh lagi,” kata dia.

Namun demikian, ada pula yang menagih janji. “Jangan lupakan rumah DP 0% pak. #SelamatBekerjaAniesSandi,” ungkap akun @dpputri_.

Suara nyinyir juga tak ketinggalan mewarnai tagar tersebut, misalnya dari akun @BadjaNuswantara. “Kalau mampu, terusin 1/4 capaian Ahok sudah luar biasa. Gak usah berharap muluk2. Yang salah yg berharap. #SelamatBekerjaAniesSandi,” cuitnya.

Dan, terakhir adalah kelompok warganet yang mempertanyakan ketidakhadiran Gubernur Petahana, Djarot Saiful Hidayat. Akun @AdianKueputu adalah salah satu yang mempertanyakan hal tersebut.

“Djarot gak dewasa dengan tidak menghadiri sertijab, kaya anak SD nangis minta duit ama emaknya, gak legowo #SelamatBekerjaAniesSandi,” kritiknya tajam. (GIL/SA)