Dukung Orang Jualan, Fitur Baru Ini Dirilis WhatsApp

Dukung Orang Jualan, Fitur Baru Ini Dirilis WhatsApp
Ilustrasi Whatsapp bisnis. (Wavecell)

Jualan juga bisa lewat Whatsapp! Biar bisa cepat untung, gunakan tiga fitur unik di aplikasi percakapan ini.

Inibaru.id – Pada zaman yang serba online seperti sekarang ini, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah dengan berjualan secara daring.

Nggak melulu harus mendaftar ke marketplace, kamu juga bisa memakai media sosial atau Whatsapp kamu untuk jualan, lo. Apalagi, sekarang Whatsap juga memiliki fitur yang mendukung kamu berjualan.

Terdapat tiga fitur di Whatsapp yang bisa kamu pakai kalau memang ingin membuatmu semakin sukses berjualan. Berikut adalah fitur-fitur tersebut!

Kode QR

Kode QR WhatsApp. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)<br>
Kode QR WhatsApp. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kode QR nggak hanya dipakai Whatsapp untuk membuka Whatsapp di komputer kamu. Kini, fitur ini juga bisa kamu jadikan semacam gerbang daring yang menyambut para pembeli potensial.

Alih-alih menuliskan nomor ponsel kamu yang cukup memakan waktu, pengguna bisa dengan mudah menggunakan Kode QR untuk menambahkan akun bisnis kamu. Kode ini bisa kamu tempatkan di etalase fisik, kemasan produk yang kamu jual, hingga di situs atau media sosial tempat kamu berjualan.

Setelah memindainya, calon pembeli otomatis akan diarahkan langsung untuk memulai percakapan dengan nomor ponselmu. Nggak ribet, kan?

Fitur Katalog

Katalog Whatsapp. (urbanasia.com)
Katalog Whatsapp. (urbanasia.com)

Fitur katalog sebenarnya sudah ada sejak 2019 lalu. Bahkan, berdasarkan penelitian Whatsapp, fitur ini telah digunakan sekitar 40 juta penggunanya di dunia.

Oya, katalog memungkinkan pengguna Whatsapp Business untuk berbagi katalog produk lewat tautan. Tautan ini juga bisa dibagikan lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram. Menarik, ya?

Fitur Stiker

Stiker Whatsapp (Diadona)<br>
Stiker Whatsapp (Diadona)

Stiker yang dibuat khusus oleh Whatsapp bagi penggunanya yang ingin berjualan adalah seperti yang bertuliskan “Bisnis Kami Buka,” atau kalimat-kalimat lain yang bisa membantu interaksi dengan pelanggan. Menariknya, fitur ini sudah dipakai sekitar 50 juta pengguna dari aplikasi Whatsapp.

Yang lebih keren, paket stiker “Bisnis Kami Buka” ini ternyata asli Indonesia, lo. Desain stiker ini dibuat oleh dua orang seniman Tanah Air yang berada dalam TEMPA, Yogyakarta.

Gimana, Millens, sudah siap untuk mengembangkan bisnis dengan memaksimalkan Whatsapp? Kira-kira aplikasi mana sajakah yang akan kamu pakai? (Cnn/IB09/E03)