Duh, Video Musik Via Vallen Ketahuan Plagiat Artis K-Pop

Duh, Video Musik Via Vallen Ketahuan Plagiat Artis K-Pop
Video musik Via Vallen dituding plagiat dan meniru video milik IU. (Twitter/IU_Canada)

Video klip Via Vallen berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku" dituding sama persis dan meniru video klip bintang K-Pop IU berjudul "Above the Time". Seperti apa ya reaksi Via dan manajemennya terkait dengan tudingan ini?

Inibaru.id – Hari ini, Sabtu (24/10/2020), nama Via Vallen sempat merajai Trending Topic di media sosial Twitter. Sayangnya, viralnya nama penyanyi dangdut ini nggak karena hal positif, melainkan karena tudingan plagiat. Video klip Via dianggap meniru mentah-mentah video musik milik bintang K-Pop IU.

FYI, nih Millens, IU adalah penyanyi perempuan dengan nama asli Lee Jieun. Penggemarnya di Indonesia juga sangat banyak. Karena alasan inilah, begitu video klip Via keluar, banyak orang yang langsung menyadari ada yang sama dengan video musik milik IU.

Video klip Via Vallen yang ramai diperbincangkan warganet berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku.” Nah, video ini dianggap sangat mirip dengan video IU berjudul “Above the Time” yang sudah dirilis pada 2019.

Pedangdut Via Vallen terseret kasus plagiat video klip dengan bintang K-pop IU. (Instagram/Via Vallen)
Pedangdut Via Vallen terseret kasus plagiat video klip dengan bintang K-pop IU. (Instagram/Via Vallen)

Nggak hanya diprotes K-Popers Tanah Air, penggila K-Pop yang dikenal solid dari seluruh dunia juga ikut protes. Sejumlah fans IU dari beberapa negara bahkan langsung menuding Ascada, label musik yang membawahi Via Vallen sebagai tersangka utama dari kasus plagiat video musik ini.

Sebagai contoh, akun Twitter penggemar IU dari Kanada @IU_Canada secara terang-terangan mengunggah hasil tangkapan layar yang membandingkan setiap detail kesamaan antara video musik “Above the Time” dengan video musik mirip Via Vallen. Setidaknya, ada enam adegan yang sama persis dengan video milik IU.

Akun Instagram @ascada_id kemudian mengeluarkan klarifikasi terkait dengan kasus yang cukup menghebohkan ini. Dalam unggahannya, Ascada mengaku pihak manajemen hanya menerima ide atau konsep video klip yang ditawarkan sutradara. Mereka mengaku nggak tahu jika ide atau konsep video musik tersebut adalah plagiat sehingga kini sedang meminta klarifikasi dari sutradara.

Penjalasan Ascada terkait dengan video klip Via Vallen. (Twitter/IU_Canada)
Penjalasan Ascada terkait dengan video klip Via Vallen. (Twitter/IU_Canada)

Ascada juga menyebut pihak Via Vallen dan Dyrga Dadali yang juga terlibat dalam video klip ini hanyalah menjalankan arahan sutradara dan nggak ikut serta dalam penentuan konsep video klip.

Di akun Instagram pribadinya @viavallen, Via juga meminta maaf. Dia mengaku nggak tahu jika video yang dibuat sangat mirip dengan video milik IU. Dia juga ingin video ini di-take-down.

Militansi penggemar K-Pop memang sangat solid dan luar biasa, ya Millens. Tapi, untuk kasus ini, memang terjadi plagiarisme yang cukup memalukan karena terlihat jelas kemiripannya. (Viv/IB09/E05)