Duh, Tanaman Hias Ini Nggak Baik Buat Kesehatanmu

Duh, Tanaman Hias Ini Nggak Baik Buat Kesehatanmu
Tanaman Sansevieria ternyata memiliki kandungan yang bisa membahayakan kesehatan. (Flickr/ Irina UA)

Sering kita temui di rumah, ternyata tanaman-tanaman hias ini nggak baik buat kesehatanmu, lo. Apa saja ya tanaman yang sebaiknya nggak sembarangan ditanam ini?

Inibaru.id – Kalau membicarakan tentang tanaman hias, pasti yang terpikir adalah tanaman yang bisa membuat suasana interior dan eksterior rumah jadi lebih cantik. Selain itu, ada juga yang menganggap tanaman hias bisa bikin udara rumah jadi lebih segar dan sehat. Masalahnya, ada lo sejumlah tanaman hias yang nggak baik bagi kesehatan.

Meski secara umum tanaman memproduksi oksigen, ada sejumlah tanaman hias yang ternyata punya kandungan beracun, lo. Kalau ditempatkan di dalam rumah, bisa jadi akan memberikan efek buruk bagi kesehatanmu, Millens.

Berikut adalah tanaman-tanaman tersebut.

1.       Tanaman Berjenis Sansevieria

Tanaman Sansevieria. (Flickr/

Irina UA)
Tanaman Sansevieria. (Flickr/ Irina UA)

Banyak orang Indonesia yang gemar menanam Sansevieria. Kalau kamu nggak kenal dengan tanaman ini, pasti tahu salah satu jenisnya, yakni lidah mertua. Tanaman ini termasuk dalam tanaman ular-ularan atau pedang-pedangan.

Tanaman ini sangatlah cantik karena panjangnya bervariasi. Ada yang tumbuh sekitar 8 cm saja, namun juga ada yang bisa tumbuh sampai sekitar 50-75 cm. Sejumlah orang bahkan sampai menjadikannya penyekat ruangan.

Sayangnya, ada sejumlah laporan yang menyebut tanaman hias berjenis Sansevieria ini memiliki kandungan saponin yang berbahaya, apalagi jika sampai tertelan. Efeknya pun nggak main-main, Millens. Kamu bisa saja mengalami sensasi mual dan muntah, diare, dan lain-lain. Zat ini juga kurang baik bagi kesehatan peliharaanmu, lo.

2.       Lidah Buaya

Lidah buaya. (Flickr/

Ivetta Inaray)
Lidah buaya. (Flickr/ Ivetta Inaray)

Lidah buaya ternyata lebih direkomendasikan untuk ditanam di luar ruangan saja, bukannya di dalam ruangan. Hal ini disebabkan oleh adanya zat di dalamnya yang kabarnya bisa memicu alergi dan diare.

Lidah buaya masuk dalam tanaman berjenis sukulen. Ukurannya yang kecil memang membuatnya bisa dengan mudah ditempatkan di dalam pot. Meski begitu, ada baiknya memang kamu menempatkannya di luar ruangan saja, Millens. Nantinya daun lidah buaya bisa deh kamu gunakan untuk mengatasi luka bakar atau melembabkan kulit.

3.       Keladi

Tanaman Keladi. (Flickr/Mohd Fazlin Mohd Effendy Ooi)
Tanaman Keladi. (Flickr/Mohd Fazlin Mohd Effendy Ooi)

Kalau membahas keladi, pasti yang terpikir adalah daunnya yang berbentuk hati sehingga membuatnya terlihat cantik. Sayangnya, ada sejumlah laporan yang menyebut tanaman ini nggak baik untuk kesehatan, lo.

Laporan-laporan ini mengungkap bahwa anak-anak atau peliharaan yang menyentuh daunnya mengalami gangguan pernapasan. Jadi, ada kemungkinan ada kandungan beracun pada permukaan daunnya.

Nah, kalau kamu mau menanam keladi, sebaiknya di luar ruangan dan nggak dekat-dekat dengan tempat banyak orang beraktivitas ya, Millens.

4.       Dieffenbachia

Tanaman Dieffenbachia. (Flickr/

Forest and Kim Starr)
Tanaman Dieffenbachia. (Flickr/ Forest and Kim Starr)

Sebagaimana tanaman-tanaman sebelumnya, tanaman hias berjenis Dieffenbachia juga lumayan populer di Tanah Air karena warna daunnya yang sangat cantik. Sayangnya, di daunnya ada zat yang bisa memicu lecet-lecet atau sensasi terbakar pada kulit. Sejumlah orang bahkan mengalam pembengkakan dan nyeri pada tenggorokan.

Tanaman-tanaman hias ini bisa berbahaya bagi kesehatanmu. Kalau mau menanamnya, sebaiknya nggak di dalam rumah, ya Millens? (Ayo/IB09/E05)