Duh, Tanaman Hias Aglonema Mulai Jadi Sasaran Pencuri!

Duh, Tanaman Hias Aglonema Mulai Jadi Sasaran Pencuri!
Tanaman hias Aglonema. (Flickr/ Leonora (Ellie) Enking)

Harga yang mahal membuat banyak pencuri berminat untuk memburunya. Memangnya, seberapa mahal sih tanaman hias seperti aglonema atau monstera?

Inibaru.id – Harga tanaman hias seperti janda bolong Monstera dan Aglonema kini semakin merangkak naik. Bagi mereka yang gemar bercocok tanam, tanaman-tanaman tersebut semakin diburu. Masalahnya, kini para pencuri juga memburunya.

Hal inilah yang terjadi di Palembang, Sumatera Selatan. Pamor tanaman hias berjenis aglonema memang sedang naik daun. Sayangnya, persediaan tanaman hias ini juga terbatas. Akibat permintaan yang terus meningkat, otomatis harganya juga naik. Nggak semua orang pun bisa memilikinya.

“Ya karena stok aglonema juga semakin terbatas dan harganya juga kini tinggi, ada yang kini nekat mencurinya. Kalau dijual lagi kan harganya lumayan, tergantung jenisnya,” ungkap salah seorang agen tanaman hias dari Palembang bernama Tika sebagaimana dikutip dari Detik pada Kamis (22/10/2020).

Salah satu jenis tanaman Aglonema yang kini digandrungi masyarakat adalah yang berjenis Suksom. Harganya nggak main-main, lo, Millens. Bisa mencapai Rp 350 ribu – 500 ribu tergantung kondisi tanamannya. Setelahnya, ada Aglonema red Anjamani yang harganya lebih murah, yakni Rp 200 ribu – 500 ribu.

Janda Bolong Monstera. (Flickr/

spurekar)
Janda Bolong Monstera. (Flickr/ spurekar)

“Hanya, kalau yang sedang populer sekarang, Janda Bolong, harganya sebenarnya nggak tinggi-tinggi banget. Sekarang harganya sekitar Rp 150 ribu – 350 ribu saja. Meski begitu, memang ada beberapa jenis yang sampai harganya jutaan rupiah. Biasanya hal ini bergantung pada jumlah daunnya,” jelas Tika.

Tika berkata, semakin banyak jumlah daun Janda Bolong, semakin mahal harganya.

Pada Rabu (21/10), viral video yang menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan dua laki-laki dan seorang perempuan nekat memanjat pagar rumah demi mencuri tanaman berjenis Aglonema. Aksi tiga orang ini terjadi di Jalan Komering, Sematang Borang, Kota Palembang, dan terjadi pada Sabtu (17/10) malam.

Dua orang laki-laki bertugas sebagai pencuri. Sementara sang perempuan bertugas sebagai pemantau kondisi sekitar dan penerima tanaman hias yang sudah diambil.

Menurut warga sekitar, aksi pencurian tanaman hias sudah beberapa kali terjadi di wilayah tersebut. Mereka pun melaporkan hal ini ke Polsek Sako Palembang.

Ada-ada saja ya, Millens. Tapi, di saat krisis seperti sekarang, apa saja memang bisa jadi sasaran pencurian, ya Millens? Nggak ada salahnya lo kamu memasukkan aglonema kesayanganmu ke dalam brankas. Eh! (Det/IB09/E05)