Duh, Puluhan Anak di Semarang Harus Terapi Mental di RSJ Akibat Kecanduan Gim

Duh, Puluhan Anak di Semarang Harus Terapi Mental di RSJ Akibat Kecanduan Gim
Kecanduan gim dapat membuatmu masuk rumah sakit jiwa. (Verywell Mind)

Sebanyak 20 anak di Semarang harus mendapatkan terapi di Rumah Sakit Jiwa Amino Gondohutomo karena nggak bisa lepas dari gim dan mengalami perubahan perilaku.

Inibaru.id - Main gim memang asyik, tapi jangan sampai kecanduan ya, Millens. Keranjingan gim atau gaming disorder bisa membuatmu masuk rumah sakit jiwa, lo. Seperti puluhan anak-anak di Semarang ini. Sekira 20 anak menjalani terapi mental di rumah sakit jiwa. Usianya rata-rata di bawah 19 tahun. 
 
Menurut Erlina Rumanti, Wakil Direktur Medik Rumah Sakit Jiwa (RSJD) Amino Gondohutomo Semarang, selama dua bulan ini pihaknya menerima puluhan laporan dari orang tua soal perubahan perilaku dari anaknya.
 
"Faktornya banyak, mulai dari masalah ekonomi, pengangguran, masalah keluarga dan lainnya. Tapi baru-baru ini lagi ramai yang menjalani terapi psikis akibat main gim. Itu sangat mempengaruhi tingkat emosionalnya, di mana dia jadi mudah marah, perilakunya tertutup, dan mengabaikan teguran dari orangtuanya," tutur Erlina seperti dilansir dari laman IDNTimes, Rabu (20/6).
 
Lanjut Erlina, bahwa perubahan perilaku tersebut berdampak pada prestasi di sekolah yang menurun drastis. Mulai dari yang kehilangan fokus hingga menutup diri dari lingkungannya. 
 
"Saat ditegur, si anak berontak dan tiba-tiba marah-marah tidak terkendali. Kemudian ada juga yang mengeluhkan prestasi anaknya di sekolah merosot drastis. Ini yang dikhawatirkan mereka. Lalu beberapa anak dibawa kemari untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," katanya. Parah ya, Millens?
 
Jangan heran kalau anak-anak ini dirujuk ke rumah sakit jiwa ya. Pasalnya, World Health Organization (WHO) telah resmi menggolongkan gaming disorder pada versi terbaru International Classification of Diseases (ICD) Internasional sebagai gangguan kejiwaan.
 
Jadi kalau kamu nggak bisa mengendalikan diri atau bahkan marah-marah nggak terkendali ketika diminta berhenti main, sepertinya kamu sudah kecanduan dan harus bertandang ke rumah sakit jiwa. Hal ini perlu diperhatikan agar dapat mencegah penyakit yang lebih serius.
 
Hm, jangan sampai ini terjadi ya, Millens. (MG20/E05)