Duh, Ponsel-Ponsel Ini Nggak Lagi Bisa Akses Whatsapp, Punyamu Termasuk?

Duh, Ponsel-Ponsel Ini Nggak Lagi Bisa Akses Whatsapp, Punyamu Termasuk?
Ilustrasi - Sejumlah ponsel nggak akan lagi bisa mengakses Whatsapp pada 2021. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pada 2021 nanti, Whatsapp menghentikan layanan bagi sejumlah jenis ponsel. Kira-kira, ponselmu masuk dalam daftar yang nggak akan bisa lagi mengakses aplikasi perpesanan ini nggak?

Inibaru.id – Salah satu aplikasi yang wajib ada dalam ponsel pintar adalah Whatsapp. Tanpa ada aplikasi perpesanan ini, kamu akan kesulitan untuk menghubungi orang lain. Apalagi kebanyakan orang kini nggak lagi memiliki pulsa regular dan memilih pulsa internet alias kuota saja.

Nah, sayangnya, nggak semua ponsel ternyata bisa dipasangi aplikasi Whatsapp. Bahkan, kabarnya pada 2021 nanti, ada sejumlah ponsel pintar berbasis Android dan iOS yang nggak lagi mengakses aplikasi ini. Apa saja ya ponsel-ponsel tersebut?

Berdasarkan keterangan Whatsapp, nantinya, aplikasi ini hanya bisa dipakai di ponsel pintar dengan sistem operasi Android 4.0.3 serta yang lebih baru. Kalau sistem operasi ponselmu lebih lama, sudah nggak akan bisa lagi menggunakannya. Hal yang sama juga berlaku pada ponsel dengan sistem operasi sebelum iOS 9.

Sebagai contoh, kalau kamu masih memakai ponsel HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, serta Samsung Galaxy S2, maka kamu nggak akan lagi bisa mengakses Whatsapp. Pembaruan dari aplikasi ini nggak lagi memungkinkan ponsel-ponsel tersebut untuk bisa mengaksesnya.

Ponsel dengan sistem operasi kuno nggak lagi bisa mengakses Whatsapp. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ponsel dengan sistem operasi kuno nggak lagi bisa mengakses Whatsapp. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nah, untuk ponsel-ponsel iPhone, harus bisa meng-update sistem operasinya agar menjadi minimum iOS 9. Jadi, iPhone berjenis 4S, iPhone5 dan 5C, serta iPhone 6 dan 6S nggak bisa lagi mengakses Whatsapp kalau sistem operasinya nggak diperbarui. Sementara itu, iPhone 6S Plus serta iPhone SE masih bisa mengakses aplikasi ini.

Kalau kamu penasaran dengan sistem operasi pada ponsel kamu. Bisa kok dengan mudah mengeceknya. Caranya, kamu masuk saja di bagian Settings atau Pengaturan. Setelah itu, pilihlah About System atau juga About Device. Nah, akan segera muncul keterangan ponsel pintar kamu, termasuk sistem operasi yang digunakan.

Kalau ponselmu ternyata memakai sistem android sebelum 4.0.3, artinya ponselmu sudah sangat jadul dan nantinya pada 2021 nggak bisa lagi membuka Whatsapp. Mengingat update sistem operasi belum tentu mudah dilakukan, sebaiknya kamu beli ponsel yang baru saja.

Gimana Millens, apakah ponselmu juga terlalu jadul untuk membuka Whatsapp? (Cnn/IB09/E05)