Duh, Orang Indonesia Buang Makanan Sampai 184 Kg Setiap Tahun!

Duh, Orang Indonesia Buang Makanan Sampai 184 Kg Setiap Tahun!
Ternyata orang Indonesia banyak membuang makanan, lo. Jadi sia-sia deh. (Flickr/ Nick Saltmarsh)

Kebiasaan menyisakan makanan atau membuang bahan makanan orang Indonesia ternyata cukup parah, Millens. Dalam setahun, rata-rata bisa mencapai 184 kg! Duh, gimana biar makanan nggak jadi sia-sia terbuang ya?

Inibaru.id – Kamu pasti pernah mendengar saran dari orang tua yang memintamu nggak menyisakan makanan biar nasinya nggak nangis, ya Millens? Sayangnya, saran ini sepertinya nggak benar-benar kita lakukan. Realitanya, setiap tahunnya, orang Indonesia buang makanan 115 sampai 184 kg, lo. Duh, sayang banget, ya?

Data ini nggak asal dibuat, lo. Faktanya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Foreign Commonwealth Office dari Inggris mengeluarkan penelitian yang menunjukkan angka food lost atau food waste di Indonesia. Pada periode 2000 sampai 2019 saja, makanan yang dibuang mencapai 23 sampai 48 ton!

Omong-omong, soal food waste ini, membuat masyarakat kehilangan energi dan setara dengan jumlah 61 juta sampai 125 juta porsi makanan. Jumlah ini bisa dikonsumsi 29 sampai 47 persen populasi Tanah Air. Food waste ini adalah makanan yang terbuang karena nggak kemakan sama sekali atau makanan sisa karena nggak habis dikonsumsi.

Nah, lain lagi soal food lost. Istilah yang disebut terakhir ini bisa berarti hilangnya potensi pangan yang dipengaruhi oleh proses produksi serta distribusi. Contohnya, makanan berkurang kualitasnya karena perjalanan distribusi terlalu lama atau nggak memakai teknologi pangan yang tepat agar tetap awet.

Tips Menghindari Food Waste

Meski terlihat sepele, sebenarnya food waste ini lumayan bikin resah, lo, Millens. Bagaimana nggak, menurut data World Resources Institutes, 24 persen air yang dipakai di lahan pertanian yang memproduksi makanan jadi percuma gara-gara hal ini. Jumlahnya setara dengan 170 triliun liter air. Duh, sayang ya jadi sia-sia deh.

Nah, biar nggak ikut-ikutan food waste, yuk terapkan tips berikut ini deh.

Masih banyak orang yang dengan enteng menyisakan makanan dan nggak menghabiskannya. (Flickr/

Twentyfour Students)
Masih banyak orang yang dengan enteng menyisakan makanan dan nggak menghabiskannya. (Flickr/ Twentyfour Students)

Belanja Lebih Cermat

Belanjalah seperlunya saja. Ingat, bahan makanan nggak selalu bisa bertahan dalam waktu yang lama sehingga sebaiknya kamu nggak membelinya terlalu banyak. Sebagai contoh, kita bisa menyetok bahan makanan untuk tiga hari atau seminggu saja sehingga nantinya bisa habis dengan pas.

Cermat Menyimpan Makanan

Perhatikan cara menyimpan makanan agar awet, nggak asal semua dimasukkan ke dalam kulkas ya. Contohnya, kentang dan bawang sebaiknya disimpan di suhu ruangan. Sementara sayuran hijau sebaiknya segera dimasukkan ke dalam kulkas.

Sayuran seperti daun bawang sebaiknya nggak dicampur dengan sayuran lain karena ada gas etilena yang bisa membuat sayuran lain lebih cepat basi.

Manfaatkan Sisa Makanan

Sisa nasi kemarin jika masih belum terlihat basi bisa kamu hangatkan kembali dan dikonsumsi untuk sarapan. Sisa makanan atau bahan makanan yang belum diolah juga bisa kamu masak kembali sehingga bisa habis nggak bersisa.

Jadikan pupuk

Kalau kamu punya kebun, bisa kok makanan atau bahan makanan sisa dijadikan pupuk kompos. Jadi, kamu nggak benar-benar membuang makanan deh.

Nah, kamu siap untuk mengubah gaya hidup agar nggak sampai buang-buang makanan, Millens? (Tem, Mas/IB09/E05)