Duh, Kepunahan Komodo di Depan Mata!

Duh, Kepunahan Komodo di Depan Mata!
Komodo masuk dalam daftar hewan yang terancam punah. (Flickr/ Bryn Pinzgauer)

Populasi komodo kini hanya tinggal 2.500-an ekor. IUCN pun memasukkan komodo dalam daftar hewan yang terancam punah. Apalagi, faktor perubahan iklim bisa saja mempengaruhi habitatnya.

Inibaru.id – Kamu pasti tahu kalau komodo adalah hewan yang dilindungi di Indonesia kan, Millens. Hanya, kamu tahu nggak kalau kini komodo terancam punah. Fakta memilukan ini diungkap oleh International Union for Conversation of Nature (IUCN).

Sebenarnya, nggak hanya komodo yang sedang terancam. IUCN menyebut dari 138.374 spesies hewan di dunia, setidaknya 38.543 spesies dalam ambang kepunahan. Sayangnya, salah satunya adalah hewan endemik Indonesia yang hanya ditemukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Hal ini tentu cukup memilukan, Millens. Maklum, sebelumnya, IUCN memasukkan komodo dalam kategori rentan, bukan punah. Faktor penyebab mengapa hewan ini bisa masuk dalam daftar terancam kepunahan ini cukup beragam. Namun, salah satunya adalah karena perubahan iklim dan pemanasan global, lo.

Jadi gini, suhu global yang bakal naik serta meningkatnya suhu rata-rata permukaan air laut ternyata ikut mempengaruhi habitat komodo sampai 30 persen. Intinya sih, dalam 45 tahun ke depan, komodo nggak lagi bisa hidup nyaman dan tenang di lingkungannya sekarang.

Ditanggapi LIPI

Status komodo yang terancam punah ini ternyata mendapatkan tanggapan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Menurut peneliti Herpetofauna dari lembaga ini, Dr Evy Ayu Arida, peringatan dari IUCN harus ditanggapi dengan serius oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Pembangunan di Taman Nasional Komodo dianggap bisa merusak habitat komodo. (Twitter/KawanBaikKomodo)
Pembangunan di Taman Nasional Komodo dianggap bisa merusak habitat komodo. (Twitter/KawanBaikKomodo)

“Persebaran komodo ini memang sangat kecil, hanya ada di Indonesia, itu pun hanya di beberapa pulau yang bisa dihitung dengan jari, dan populasinya yang kecil,” terang Evy, Senin (6/9/2021).

Kalau menurut data terakhir, populasi komodo ternyata nggak banyak, Millens. Jumlahnya sekitar 2.500 ekor saja. Data ini juga ikut jadi pertimbangan IUCN menggolongkan komodo sebagai spesies yang terancam punah.

Pemerintah Nggak Serius Menangani Komodo?

Evy menuduh pemerintah nggak benar-benar serius menangani komodo. Apalagi, belakangan ada pembangunan kawasan Jurasic Park di Rinca yang mendapatkan kritikan banyak pihak. Meski begitu, tetap saja pembangunan ini tetap jalan walau banyak orang yang menganggapnya bisa mengganggu habitat komodo.

Soal ancaman kepunahan, sebenarnya selama ini jumlah populasi komodo di Indonesia cenderung stabil. Jumlahnya nggak naik, namun juga nggak turun drastis. Ya tergolong di angka itu-itu saja.

“Bagi saya, isu terancam punah tidak terlalu mengkhawatirkan, karena memang komodo sudah selayaknya di posisi itu,” ungkap Evy.

Duh, jangan sampai ya komodo akhirnya punah. Nanti, kita jadi nggak punya lagi deh hewan endemik yang keren dari NTT, Millens. Keseimbangan alam di sana pasti nanti juga bakal terganggu kalau nggak ada komodo. (Kom/IB09/E05)