Duh, Imbas Kedelai Mahal Harga Tahu dan Tempe Bakal Naik?

Duh, Imbas Kedelai Mahal Harga Tahu dan Tempe Bakal Naik?
Harga tahu dan tempe akan naik? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kemendag menyebut dalam enam bulan ke depan, harga tahu dan tempe bakal naik. Penyebabnya, harga kedelai juga diperkirakan bakal naik, Millens. Duh!

Inibaru.id – Dalam enam bulan ke depan, ada perkiraan harga tempe dan tahu bakal naik, Millens. Yang memprediksi bahkan dari pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag) sendiri, lo. Apa sih penyebabnya?

Jadi, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menyebut ada kemungkinan harga kedelai bakal naik. Nah, jika sampai harganya mencapai Rp 12 ribu per kilogram, maka bakal memicu kenaikan harga tempe. Bisa jadi, per kilogram tempe naik bisa naik jadi Rp 10.600. Sementara itu, harga tahu diperkirakan bakal naik Rp 50 sehingga menjari Rp 700 per potongnya.

“Diperkirakan naik sampai Juli 2022,” ungkap Nurwan, Jumat (11/2/2022).

Meski begitu, untuk saat ini, harga kedelai masih ada di kisaran Rp 11.500 per kilogram. Harga tempe per kilogram di pasaran juga masih Rp 10.300 dan harga tahu per potongnya masih Rp 650.

Lantas, mengapa harga kedelai bisa naik. Nurwan menyebut secara global, sedang ada masalah suplai kedelai. Contohlah di Brasil, negara yang dikenal sebagai salah satu produsen kedelai terbesar, malah sedang mengalami penurunan hasil panen dengan signifikan. Prediksi mereka pada Januari lalu yang menargetkan panen kedelai 140 juta ton ternyata hanya mendapatkan 125 juta ton saja.

Harga kedelai di pasar global mengalami kenaikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Harga kedelai di pasar global mengalami kenaikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hal lain yang membuat harga kedelai naik adalah inflasi yang cukup tajam di Amerika Serikat. Bagaimana nggak, di sana inflasinya mencapai 7 persen. Efeknya ternyata terasa hingga ke seluruh dunia, Millens. Biaya produksi kedelai pun jadi ikut naik seperti harga sewa lahan dan pembayaran tenaga kerja. Mau nggak mau, petani di Amerika Serikat pun akhirnya ikut-ikutan menaikkan harga kedelai.

Sebenarnya sih ya, kalau kita menghitung harga kedelai di Chicago Board of Trade (CBOT), pada awal Februari 2022 saja, sekitar Rp 11.240 kg. Meski begitu, karena stok kedelai di Indonesia masih aman hingga dua bulan ke depan, kenaikan harga ini belum begitu terasa dalam waktu dekat.

Setidaknya, dalam dua bulan ini, ada 160 ribu ton kedelai impor yang tersedia. Sehingga, kita nggak bakal mengalami kelangkaan tahu dan tempe.

Duh, harga tahu dan tempe bakal naik, ya Millens. Semoga saja nggak begitu memberatkan banyak orang. (Tri/IB09/E05)