Harga Cabai dan Brambang Kerek Inflasi di Jawa Tengah

Harga Cabai dan <em>Brambang</em> Kerek Inflasi di Jawa Tengah
Harga bawang merah dan cabai yang meroket disinyalir memicu kenaikan inflasi di Jawa Tengah. (Kompas/Andreas Lucas Altobeli)

Kenaikan harga bawang merah dan cabai menyumbang inflasi 0,6 persen pada Juni 2019 di wilayah Jawa Tengah.

Inibaru.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan harga bawang merah dan cabai menyumbang kenaikan inflasi sebesar 0,6 persen pada Juni 2019, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 135,16.

Selain itu, BPS Jateng juga menyebut penyebab lainnya. "Kenaikan harga angkutan antarkota juga menjadi pemicu inflasi," Kepala BPS Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono di Semarang, sebagaimana dikutip dari Antaranews via Idntimes, Selasa (2/6).

Sebenarnya hampir semua kenaikan semua kelompok pengeluaran turut andil dalam kenaikan inflasi 0,6 persen ini. Yang tertinggi adalah kelompok bahan makanan yakni sebesar 1,44 persen.

Berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) inflasi terjadi di enam kota di Jawa Tengah. Kota Tegal mengalami inflasi tertinggi yaitu sebesar 0,82% dengan IHK sebesar 133,53. Sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Surakarta sebesar 0,45 persen dengan IHK sebesar 131,89.

Untungnya, inflasi dapat ditahan dengan penurunan harga komoditas lain seperti harga bawang putih, telur ayam ras, beras, nangka muda, dan mujair.

Nah, bagaimana, Millens? Harga bahan pokok di sekitarmu masih aman kan? (IB33/E05)