Duh Batu Penahan Iblis Berusia 1000 Tahun Terbelah Dua!

Duh Batu Penahan Iblis Berusia 1000 Tahun Terbelah Dua!
Batu penahan iblis di Jepang terbelah dua. (Twitter.com/Lily0727K)

Pandemi, perang, dan kini ada kabar buruk lainnya. Kabarnya, batu penahan iblis di Jepang dengan usia 1000 tahun terbelah dua. Perlukah kita waspada dengan hal ini?

Inibaru.id – Dunia memang sedang nggak baik-baik saja. Usai dihantam pandemi dan kemudian dilanjutkan dengan perang di Ukraina, kini ada kabar yang cukup mengkhawatirkan dari Jepang. Bagaimana nggak, ada batu penahan iblis yang kabarnya sudah berusia 1000 tahun terbelah dua. Duh, iblisnya sudah lolos beneran nih?

Batu pembunuh Sessho-seki ini dikenal sebagai penyegel iblis yang berbahaya dan punya sifat pendendam dari dunia lain. Warga Jepang yang percaya dengan cerita ini pun khawatir jika terbelahnya batu ini adalah pertanda yang nggak baik.

Jadi ya, dalam mitologi Negeri Matahari Terbit, batu vulkanik ini bisa menyegel Tamamo-no-mae, sang iblis yang sebenarnya adalah perempuan cantik. Tapi, dia dirasuki roh kitsume alias rubah dengan sembilan ekor. Kitsune ini dikenal sebagai salah satu iblis yang licik namun juga cerdik karena kemampuannya menyamar dan mengelabui orang lain.

Nah, kabarnya, Tamamo-no-mae inilah yang memperdaya Kaisar Toba hingga akhirnya membunuhnya. Karena tindakan inilah, Tamamo-no-mae kemudian ditangkap oleh para pejuang mitologi. Setelahnya, sang iblis dimasukkan ke dalam batu Sessho-seki, Millens.

Banyak orang menganggap terbelahnya batu ini sebagai pertanda buruk. (Twitter.com/SakuChiRits)
Banyak orang menganggap terbelahnya batu ini sebagai pertanda buruk. (Twitter.com/SakuChiRits)

Saking sakralnya batu ini, ada larangan untuk menyentuhnya. Kabarnya kalau ada orang yang nekat melakukannya, batu ini bisa mengeluarkan gas beracun dan membuatnya terbunuh. Selain itu, agar roh iblis yang terjebak di dalam batu ini bisa tenang, pendeta Buddha bahkan sampai melakukan ritual khusus, lo.

Batu ini cukup populer di Jepang sampai-sampai pemerintah menjadikannya sebagai situs bersejarah pada 1957 lalu. Lokasinya juga dilindungi sehingga kondisinya tetap terjaga.

Lantas, apakah benar kalau terbelahnya batu Sessho-seki ini karena iblis sudah keluar? Bisa jadi nggak, sih, Millens. Di samping usianya yang memang sudah tua, ada kemungkinan batu ini terbelah akibat erosi yang terjadi secara alami. Apalagi batu berada di luar ruangan sehingga sering terpapar hujan secara langsung dan dalam beberapa tahun belakangan, sudah muncul retakan yang membuat air terus mengikisnya hingga ke bagian dalam.

Berita terbelahnya batu ini membuat publik Jepang penasaran. Alhasil, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat kondisi batu secara langsung. Ada yang mengaku menyaksikan hal nggak kasat mata, lo.

Hm, kalau menurut kamu, apakah terbelahnya batu penahan iblis ini adalah pertanda buruk, Millens? (Kum/IB09/E05)