Dua Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup Menjelang Ramadhan

Dua Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup Menjelang Ramadhan
Salah satu jalur pendakian Gunung Sindoro. (Explore)

Dua jalur pendakian Gunung Sindoro yakni Kledung dan Sigedang ditutup untuk sementara. Penutupan ini dilakukan selama Ramadhan untuk memberikan kesempatan petugas base camp dalam menjalankan ibadah puasa.

Inibaru.id – Dua jalur pendakian Gunung Sindoro, Jawa Tengah yakni Sigedang (Wonosobo) dan Kledung (Temanggung) dipastikan bakal ditutup untuk sementara selama bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan demi memberikan kesempatan pada petugas base camp untuk menjalankan aktivitas ibadah di bulan Puasa.

Pengumuman. Setelah melakukan rapat koordinasi, dipastikan bahwa jalur pendakian Gunung Sindoro via Sigedang atau Putra Sindoro ditutup dalam rangka Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Penutupan ini dimulai Minggu (5/5) lusa,” tulis akun Instagram @putra.sindoro, Jumat (3/4/2019).

Imin, Ketua Base Camp pendakian Gunung Sindoro via Sigedang menyebut jalur pendakian ini akan kembali dibuka pada 8 Juni 2019. Penutupan ini rutin dilakukan setiap tahun. Petugas juga akan memasang pengumuman di base camp demi mencegah adanya aktivitas pendakian selama bulan Ramadhan.

“Sudah 8 tahun berturut-turut kami menutup jalur pendakian saat bulan Ramadhan. Selain memberi kesempatan petugas beribadah, penutupan ini juga demi perbaikan jalur pendakian,” ucap Imin dilansir laman Kompas, Jumat (3/5/2019).

Sementara itu, durasi penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung jauh lebih singkat.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, ditetapkan bahwa: Pendakian Gunung Sindoro via Kledung ditutup 05-08 Mei dan baru akan dibuka kembali pada 9 Mei 2019,” tulis akun Instagram @grasindo_sindoro.

Bagi sobat Millens yang ngebet pengin merasakan berpuasa di atas gunung, bisa banget nih buat mendaki Gunung Sindoro via Kledung. Namun, bagi kamu yang pengin merasakan sensasi mendaki lewat Sigedang harus bersabar dulu sampai Lebaran nanti, ya!

Hayo, ada yang pernah mendaki saat bulan puasa nggak nih? (IB09/E04)