Bos First Travel Divonis 20 Tahun Penjara

Kedua bos PT First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan divonis 20 tahun penjara dan 18 tahun penjara pada Rabu (30/5/2018). Andika dan Anniesa dinyatakan terbukti melakukan penggelapan, penipuan, dan pencucian dana jemaah umroh.

Bos First Travel Divonis 20 Tahun Penjara
Dua bos PT First Travel divonis 20 tahun dan 18 tahun penjara. (Sindonews.com)

Inibaru.id – Majelis Hakim PN Depok menyatakan, dua terdakwa bos PT First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan divonis 20 tahun penjara dan 18 tahun penjara, pada Rabu, (30/5/2018) di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat. Vonis tersebut diberikan Majelis Hakim PN Depok karena keduanya terbukti melakukan penggelapan, penipuan, dan pencucian dana jemaah umroh.

Selain dihukum penjara, kedua terdakwa diwajibkan untuk membayar denda masing-masing Rp 10 miliar. Namun, jika keduanya tidak membayar denda sesuai yang telah ditentukan, maka diganti dengan pidana kurungan masing-masing selama 8 bulan penjara.

Seperti ditulis Kompas.com, Senin (30/5) Andika dan istrinya Anniesa Hasibuan sebelum ini didakwa melakukan penipuan atau peggelapan dana perjalanan umrah 63.310 anggota jemaah yang hendak menggunakan jasa biro perjalann PT First Travel.

Setelah ditelisik, banyak para jemaah yang tertarik menggunakan jasa biro perjalanan tersebut lantaran First Travel menawarkan paket promo umroh murah seharga Rp 14,3 juta. Mereka juga menjanjikan calon jemaah diberangkatkan satu tahun setelah pembayaran dilunasi.

Namun, perjanjian tersebut tidak ditepati PT First Travel. Terbukti, setelah dua tahun berlalu para korban tidak kunjung diberangkatkan umroh.

Selain penggelapan uang, Andika dan Anniesa juga didakwa melaukan pencucian uang atas tindak pidana yang mereka lakukan. Uang yang ditampung dari rekening First Travel diduga digunakan untuk membeli rumah, aset hingga jalan-jalan keliling Eropa.

Duh, masyarakat niat beribadah, tapi uangnya malah diselewengkan. Semoga nggak ada biro lain yang seperti ini. (IB11/E04)