Kerajaan Inggris Anugerahi Drummer The Beatles Gelar Kebangsawanan

Menjadi salah seorang penggawa band paling terkenal dunia asal Inggris, sosok yang memiliki nama asli Richard Starkey itu sah menambahkan gelar "Sir" di depan namanya.

Kerajaan Inggris Anugerahi Drummer The Beatles Gelar Kebangsawanan
Pangeran William memberikan gelar bangsawan kepada penggawa The Beatles Ringo Starr dalam upacara pentahbisan di Buckingham Palace, London, Inggris, Selasa (20/3/2018) waktu setempat. (Press Association)

Inibaru.id - Atas prestasinya dalam dunia musik internasional, drummer band legendaris asal Inggris, The Beatles, Ringo Starr, mendapat gelar kebangsawanan dari Kerajaan Inggris, yakni Member of the Most Excellent Order of the British Empire (MBE). Atas gelar tersebut, sosok bernama asli Richard Starkey ini kini sah menambahkan sebutan "Sir" di depan namanya.

Penyerahan gelar kebangsawanan ini diberikan langsung oleh Pangeran William di Istana Buckingham, London, Inggris, pada Selasa (20/3/18) waktu setempat.

Mengutip dari Antaranews.com, Rabu (21/3), Ringo starr bukanlah penabuh drum pertama untuk The Beatles. Dia bergabung bersama John Lennon, Paul McCartney dan George Horrison sebagai pengganti Pete Best pada 1962. Nggak hanya menggebuk drum, sesekali pria yang kini berusia 77 tahun tersebut juga menjadi vokalis utama, khususnya dalam lagu "Yellow Submarine" dan "With a Little Help from My Friend".

Baca juga:
Nicholas Saputra Bintangi Film Omnibus
Jokowi Penuhi Harapan Bulan untuk Miliki Kursi Roda

Ditemani isterinya, Barbara Bach, Starr menerima gelar kehormatan tersebut. Sembari bercanda, dia meminta dipanggil dengan gelar "Sir" di depan namanya.

"Saya tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar. Namun, saya berharap Anda menggunakannya," kelakarnya, seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/3/18).

Ringo Starr. (AFP)

Seusai upacara pentahbisan gelar kebangsawanan untuk Ringo Starr, akun Twitter resmi Kerajaan Inggris, @RoyalFamily, langsung menyampaikan ucapan selamat kepada musikus kelahiran Liverpool, 7 Juli 1940, itu.

"Selamat, Sir Ringo Starr! Hari ini Istana Buckingham mendapat kehormatan dari The Duke of Cambridge untuk jasanya di bidang musik," tulis akun tersebut.

Baca juga:
Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia Kini telah Mati
Buaya di Ujung Kulon yang Suka Berjemur

Sebelum Starr, rekannya di The Beatles, Paul McCartney, juga telah memperoleh penghargaan serupa pada 1997. Selain keduanya, pemusik lain yang telah menyandang gelar ini adalah Adele pada 2013 dan Ed Sheeran pada 2017.

Hm, selamat ya, Sir Ringo Starr MBE! Selamat berbahagia di hari tua! (JAM/GIL)