Portugal dan Spanyol Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2018

Portugal dan Spanyol Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2018
Iago Aspas setelah mencetak gol penyama kedudukan Spanyol saat melawan Maroko (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)

Meski ditahan imbang lawan masing-masing, Spanyol dan Portugal dinyatakan lolos sebagai juara grup.

Inibaru.id – Dua tim unggulan di Grup B Piala 2018, Portugal dan Spanyol lolos ke fase gugur setelah menjalani pertandingan dramatis yang memaksa keduanya bermain seri. Spanyol menahan imbang Maroko dengan skor 2-2 dan Portugal ditahan Iran dengan skor 1-1. Kendati imbang, baik Spanyol maupun Portugal unggul poin sehingga mereka tetap melaju ke babak 16 besar.

Tempo.com, Selasa (26/6/2018), Spanyol keluar sebagai juara grup B dalam pertandingan yang dramatis. Dua kali tertinggal dari tim penuh talenta dari Afrika Utara, Maroko. Tim berjuluk La Furia Roja ini mampu mengejar ketinggalan berkat bantuan teknologi video assistant referee (VAR).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Kaliningard Stadium, Rusia, Maroko terlebih dahulu unggul berkat gol Khalid Boutaib pada menit ke-14. Lima menit kemudian, Isco menyamakan kedudukan setelah mendapatkan umpan manis dari Andres Iniesta. Namun, saat menit ke-81, Youssef En-Neysri mampu membuat Maroko kembali unggul.

Saat pertandingan sepertinya akan berakhir dengan kekalahan bagi Spanyol, pemain pengganti Iago Aspas justru mencetak gol kontroversial pada menit ke-90. Gol tersebut dicetak Iago setelah mendapat umpan dari bek kanan Dani Carvajal. Waktu itu, hakim garis sempat mengangkat bendera menandakan ada pemain yang berada dalam posisi offside. Hanya saja, saat wasit memeriksa VAR, terlihat masih ada kaki pemain Maroko pada garis paling belakang. Wasit Ravshan Irmaton dari Uzbekistan kemudian mengesahkan gol tersebut meski mendapatkan protes keras dari pemain Maroko.

Sementara itu, Portugal memupuskan harapan Iran yang membutuhkan kemenangan demi lolos ke babak 16 besar. Portugal unggul terlebih dahulu melalui sepakan jarak jauh Ricardo Quaresma pada menit ke-35. Drama terjadi tatkala penalti Cristiano Ronaldo gagal menambah keunggulan Portugal. Pada menit ke-90, Iran kemudian menyamakan kedudukan lewat gol penalti yang diceploskan Karim Ansarifard.

Kendati memiliki poin yang sama yakni 5, Spanyol unggul selisih gol dari Portugal sehingga berhak menjadi juara grup dan akan melawan tuan rumah Rusia di babak 16 besar. Sementara itu, Portugal akan melawan Uruguay yang merupakan juara grup A.

Hm, kira-kira siapa lagi tim yang bakal lolos ke babak 16 besar ya, Millens? (IB09/E04)