Drama Korea Racket Boys Dianggap Rendahkan Indonesia, Warganet Protes

Drama Korea Racket Boys Dianggap Rendahkan Indonesia, Warganet Protes
Drama Korea Rocket Boys justru bikin warganet Indonesia berang. (Dreamers)

Jika biasanya warganet Indonesia bakal bangga kalau nama negaranya disebut di drama Korea, kali ini mereka justru protes karena merasa Indonesia direndahkan di drama Korea Racket Boys. Ada apa?

Inibaru.id – Drama Korea Racket Boys sedang digandrungi banyak orang dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia. Usai memasuki episode ke-5, warganet Tanah Air justru mengajukan protes ke SBS. Mereka menyebut episode ini menyinggung sekaligus merendahkan Indonesia. Kok bisa?

Jadi gini, Millens. Tokoh utama perempuan dalam drama ini, Han Seyoon (Lee Jae-in) diceritakan sedang menjalani pertandingan bulu tangkis level junior di Jakarta. Pihak SBS pun menciptakan latar belakang yang semirip mungkin dengan Jakarta, khususnya lapangan bulu tangkis dan penonton pertandingan Indonesia yang tipikalnya militan.

Biasanya, warganet Indonesia bakal bangga ya kalau ada apa-apa yang terkait dengan negaranya masuk drama Korea. Namun, kali ini beda. Mereka justru protes ke akun Instagram @sbsdrama official.

Gara-garanya, pelatih Tim Nasional Korea di drama itu, Ahn Naesang, mengeluhkan buruknya fasiltas latihan serta penginapan yang disediakan ofisial Indonesia. Bahkan, sang pelatih menyebut hal ini sengaja dibuat agar Han Seyoon kalah dari wakil Indonesia.

Selain itu, saat bertanding, penonton diperlihatkan mengejek dan mengintimidasi Seyoon. Well, sebenarnya kalau yang ini sih sebenarnya fans bulu tangkis kita memang paling keren ya soal mengintimidasi lawan pemain Indonesia kalau bertanding di sini. Tapi, banyak warganet yang nggak berkenan dengan hal ini.

“SBS harus merilis pernyataan resmi untuk meminta maaf pada orang Indonesia atas apa yang terjadi di episode 5 drama ini,” tulis akun @yastiocta.

Bahkan, ada sejumlah akun yang langsung meminta warganet Indonesia lainnya memboikot drama Korea ini.

Pemeran Lawan Tanding Han Seyoon Anak dari Yannie Kim

Ko Soobin jadi cameo di Racket Boys episode 5. (IG/yannie_kim79)
Ko Soobin jadi cameo di Racket Boys episode 5. (IG/yannie_kim79)

Selain soal episode 5 yang bikin orang Indonesia senewen, sebenarnya ada fakta unik lain dari K-drama Racket Boys, Millens. Jadi, lawan tanding Han Seyoon di episode ini sebenarnya adalah putri dari Yannie Kim, yakni Ko Soobin.

Perempuan asli Indonesia ini mengaku putrinya sampai latihan selama 5 bulan hanya untuk tampil jadi pebulu tangkis di episode 5 drama ini. Padahal, tampilnya juga hanya beberapa menit doang. Latihan Soobin juga didampingi oleh pelatih profesional, lo!

“Bayangkan latihan kurang lebih 5 bulan (dimulai dari Desember 2020 akhir). Seminggu 2 kali cuma untuk muncul di 2 episode, itupun mungkin hanya muncul 1-2 menitan saja,”ujar Yannie dalam akun Instagramnya @yannie_kim79.

Yannie dikenal sudah beberapa kali tampil di drama Korea seperti Yong Pal. Menurutnya, penampilan kameo Soobin ini sebagai pengalaman yang sangat berharga.

Sebenarnya, jarang-jarang ya orang Indonesia atau latar belakang Indonesia sampai ditampilin di drama Korea. Tapi, untuk kasus drama Rocket Boys ini, kalau menurutmu apakah memang sebaiknya diprotes karena dianggap merendahkan Indonesia atau sebenarnya hal ini biasa saja untuk dunia hiburan, Millens? (Kom/IB09/E05)