Dorong Anak Muda Gapai Pendidikan Formal, Susi Pujiastuti: Cari Beasiswa!

Dorong Anak Muda Gapai Pendidikan Formal, Susi Pujiastuti: Cari Beasiswa!
Susi Pudjiastuti soroti pentingnya pendidikan formal dan beasiswa bagi anak muda. (Twitter.com/susipudjiastuti)

Menurut Susi Pudjiastuti, anak muda harus berani mengambil kesempatan beasiswa seperti OSC Medcom.id agar bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Inibaru.id - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti nggak hanya peduli dengan kelestarian alam dan dunia laut. Realitanya, perempuan yang sering dianggap sebagai Kartini modern ini juga memperhatikan generasi muda, khususnya dalam pentingnya mendapatkan pendidikan formal.

Sudah menjadi rahasia umum jika Susi bukanlah tokoh yang mengenyam pendidikan tinggi. Dia mengaku hanya memiliki ijazah SMP karena berhenti sekolah saat SMA. Meski begitu, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyebut kemampuan akademik Susi sudah setara dengan doktor.

Universitas Diponegoro (Undip) bahkan sampai mengganjarnya dengan gelar doctor honoris causa pada 3 Desember 2016 silam.

Kendati nggak begitu mempermasalahkan gelar pendidikan, Susi sangat menyoroti pentingnya pendidikan formal. Baginya, pendidikan formal adalah modal terbesar bagi generasi muda untuk meraih cita-citanya. Apalagi, saat ini hampir semua perusahaan atau instansi memberlakukan persyaratan berupa ijazah dengan level tertentu untuk melamar pekerjaan.

Sayangnya, nggak semua anak muda di Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan formal. Sebagai contoh, masih banyak generasi muda yang nggak memiliki biaya atau kesempatan yang cukup untuk menempuh perguruan tinggi. Padahal, kini standar pendidikan di Indonesia semakin naik.

OSC Medcom.id. (Medcom.id)
OSC Medcom.id. (Medcom.id)

Susi menyoroti hal ini dan meminta generasi muda untuk berani mengambil kesempatan untuk mendapakan beasiswa. Beasiswa ini bisa membantu mereka mewujudkan keinginan untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Selain untuk biaya pendidikan, bisa jadi beasiswa ini juga menyediakan biaya untuk kehidupan sehari-hari jika mahasiswa harus merantau untuk belajar.

Nah, salah satu beasiswa yang memberikan kesempatan bagi anak muda untuk menempuh pendidikan tinggi adalah Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA yang ingin mengejar pendidikan di level perguruan tinggi atau lulusan S1 yang ingin melanjutkan kuliah S2.

So, buat kamu ingin mendaftar beasiswa OSC, syaratnya mudah kok. Kamu bisa mengecek infonya di https://osc.medcom.id/tentang.

Jika sudah yakin, kamu bisa mendaftar di https://osc.medcom.id/register. Ingat, pendaftaran akan ditutup pada 3 November 2020. Jadi, kamu harus benar-benar cermat sebelum mendaftar! (IB09/E03)