Doodle Google Ikut Rayakan Hari Anak Nasional
Google Doodle Hari Anak Nasional. (Google)

Doodle Google Ikut Rayakan Hari Anak Nasional

Google ikut merayakan Hari Anak Nasional dengan cara mengeluarkan Doodle unik. Begini filosofinya.

Inibaru.id – Hari Anak Nasional yang dirayakan masyarakat Indonesia setiap 23 Juli ternyata juga diperingati Google. Hal ini dibuktikan dengan adanya Doodle khusus yang bisa kita lihat di halaman utama mesin pencari ini.

Hari Anak Nasional mulai dirayakan semenjak 1984 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 yang dikeluarkan pada 19 Juli 1984.  Perayaan ini dilakukan di sekolah-sekolah di berbagai penjuru Indonesia melalui acara budaya atau pendidikan.

Hari Anak Nasional diharapkan bisa menjadi momentum bagi seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah untuk memenuhi dan menjamin hak-hak anak layaknya hak hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk berpartisipasi sesuai dengan harkat dan martabat, serta hak untuk mendapatkan perlindungan dari berbagai macam kekerasan dan diskriminasi.

Hari Anak Nasional juga dijadikan peringatan bagi siapa saja untuk mengingat anak-anak di negeri ini adalah aset yang sangat berharga bagi masa depan dan kemajuan bangsa dan negara.

Hari Anak Nasional dicetuskan pada masa pemerintahan Presiden kedua Indonesia, Soeharto. Saat itu, Soeharto menganggap anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa sehingga akhirnya mengeluarkan Keputusan Presiden demi menetapkan hari yang dikhususkan untuk anak-anak di Indonesia.

Khusus untuk tahun 2019, perayaan Hari Anak Nasional akan dipusatkan di Lapangan Karebosi, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Perayaan yang dilakukan pada Selasa (23/7/2019) ini rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo serta Ibu Negara Iriana. Selain itu, 6.500 orang dari seluruh Indonesia akan memeriahkan perayaan ini.

Eits, nggak cuma di Indonesia, di dunia internasional juga ada perayaan Hari Anak. Namun, Hari Anak Internasional diperingati lebih awal, yakni pada 1 Juni. Sementara itu, Hari Anak Universal justru dirayakan dekat dengan akhir tahun, yakni pada 20 November.

Di tempat aktivitas Millens apakah ada perayaan Hari Anak Nasional? (IB09/E04)