Dompet Elektronik Juga Rawan Mengalami Pencopetan, Begini Cara Mencegahnya
Ilustrasi transaksi dengan dompet elektronik. (Baomoi)

Dompet Elektronik Juga Rawan Mengalami Pencopetan, Begini Cara Mencegahnya

Dompet elektronik semakin memudahkan penggunanya dalam bertransaksi. Hanya saja, kasus pencopetan di layanan dompet elektronik sering terjadi belakangan ini. Eits, tetap ada cara untuk mencegahnya kok.

Inibaru.id – Kini banyak orang yang beralih menggunakan dompet elektronik karena dianggap lebih praktis. Selain itu, berbagai keuntungan seperti bonus dan potongan harga jadi daya tarik yang sulit ditolak. Penggunaan sistem daring pada dompet elektronik juga nggak terhindar dari pencopetan layaknya penggunaan uang cash lo.

Tapi kamu nggak perlu was-was. Berikut beberapa cara yang bisa kamu untuk melakukan transaksi dengan aman dan menghindari pencopetan dompet elektronik.

Jangan Mengisi Saldo dalam Jumlah Banyak

Jangan mengisi terlalu banyak saldo. (Blog.e-mas.com)

Meskipun bisa membuatmu lebih mudah dalam bertransaksi, ada baiknya nggak mengisi saldo dompet elektronikmu dalam jumlah banyak. Logikanya, jika sampai ada kasus pencopetan di dompet elektronik, kamu nggak akan kehilangan uang dalam jumlah yang terlalu banyak, bukan? Isilah seperlunya saja.

Selalu Jaga Kerahasiaan OTP

Jaga kerahasiaan OTP-mu. (Techinasia.com)

Jangan beritahukan OTP atau one time password ke siapa pun. Orang lain yang mengantongi OTP-mu berarti bisa mengakses dompet elektronik milikmu dan menguras isinya. Selain itu, berhati-hati lah dengan kasus penipuan yang meminta kita untuk memberitahukan OTP agar mendapatkan hadiah tertentu.

Rutin Cek Saldo

Rutin sek saldo dompet elektronikme. (Teknologi)

Rajin-rajin lah mengecek saldo setelah melakukan transaksi. Bukan hanya bisa membantumu untuk lebih cermat mengatur pengeluaran, hal ini juga bisa membantumu memeriksa apakah ada transaksi yang tidak wajar di dompet elektronik milimu.

Teliti Saat Memeriksa Riwayat Tansaksi

Teliti riwayat transaksimu. (Cnbcindonesia)

Hampir semua layanan dompet elektronik menyediakan riwayat transaksi yang bisa kamu cek untuk memastikan ada yang tidak wajar atau tidak. Jika sampai kamu menemukan ada yang aneh, segera hubungi penyedia layanan ini demi memastikannya

Cermat Memilih Password

Buat pasword yang sulit diketahui orang lain. (Smart-money)

Jangan membuat password yang mudah ditebak orang lain. Pilihah password yang bisa dengan mudah kamu ingat namun tidak bisa diprediksi oleh orang lain. Jangan pula menggunakan tanggal lahir karena hal ini sangat mudah ditebak.

Millens termasuk dalam orang yang sering memakai dompet elektronik, nggak? Pastikan untuk selalu berhati-hati saat menggunakannya, ya! (IB09/E06)