'Diserbu' Hampir 40 Ribu Calon Maba, Ini Jurusan Terfavorit di Undip

'Diserbu' Hampir 40 Ribu Calon Maba, Ini Jurusan Terfavorit di Undip
Universitas Diponegoro bakal melaksanakan registrasi ulang untuk calon mahasiswa baru secara daring. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Undip menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling diminati nomor dua di Indonesia. Tahun ini hampir 40 ribu orang mendaftar sebagai mahasiswa baru. Dari sekian banyak jurusan yang ditawarkan, Manajemen menjadi jurusan yang paling banyak diincar.

Inibaru.id – Pengumuman peserta yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan Rabu (8/4/2020) kemarin. Universitas Diponegoro (Undip) berdasarkan Pengumuman Rektor No. 10/UN7.P1/PENG/2020 tentang Registrasi Administratif dan Verifikasi Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana Jalur SNMPTN 2020/2021 telah menetapkan alur dan jadwal registrasi mahasiswa baru.

Berdasarkan surat pengumuman tersebut, jadwal registrasi online dilakukan mulai tanggal 9-14 April 2020 di website https://regonline.undip.ac.id/ menggunakan nomor peserta dan password. Proses-proses yang dilakukan dari mengisi data pribadi, data orang tua, data pendidikan hingga data prestasi.

Pendaftaran ulang secara online ini berhubungan dengan pandemi corona yang mengubah proses registrasi di PTN-PTN di Indonesia. Selain Undip, registasi online diterapkan pula oleh Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Andalas.

Patut membanggakan pula pada SNMPTN 2020 tahun ini, Undip memperoleh peringkat kedua universitas dengan paling banyak peminat di Indonesia. Posisi pertama ditempati oleh Universitas Brawijaya, sedangkan posisi ketiga Universitas Gadjah Mada, keempat Universitas Padjajaran, dan kelima Universitas Negeri Semarang.

Undip sudah membuka registrasi daring mulai hari ini hingga 14 April 2020. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Undip sudah membuka registrasi daring mulai hari ini hingga 14 April 2020. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Budi Setiyono mengatakan, prestasi tersebut diraih berkat kerja keras civitas akademica dan kinerja banyak sektor Undip yang semakin berkembang.

“Hal tersebut dikarenakan prestasi dan capaian Undip sebagai universitas berkelas dunia, baik di bidang riset, kinerja PTNBH, tata kelola, pengabdian, maupun prestasi mahasiswa,” kata Budi.

FYI, jumlah pendaftar Undip terdiri dari 39.455 calon mahasiswa, terdiri dari 15.556 orang mendaftar di Soshum dan 23.899 orang mendaftar Saintek. Sedangkan yang dinyatakan lolos sebanyak 2.066 orang. Jurusan yang paling banyak diminati pertama yaitu Manajemen, kedua Psikologi, dan ketiga Hukum. Untuk daftar nama-nama yang lolos bisa kamu cek di snmptn.undip.ac.id.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa memantau laman https://um.undip.ac.id/ atau mengirim pos-el ke registik.baa@gmail.com. Bagi kamu yang diterima, semoga prosesnya lancar ya, Millens! (MG26/E05)