Disebut Pantai, Tapi Nggak Ada Laut Lepasnya, Kok Bisa?

Disebut Pantai, Tapi Nggak Ada Laut Lepasnya, Kok Bisa?
Pantai Gulpiyuri. Air laut justru terlihat dibatasi seperti bukit berbatuan. (Twitter/Mamuparati)

Di pantai ini, kamu malah disuguhi pemandangan bukit berbatu, bukannya laut lepas. Tapi, kamu masih bisa menikmati ombak dan pasang surut. Kok bisa ya?

Inibaru.id – Kalau membahas pantai, pasti juga akan membahas laut. Tapi di pantai ini, lautnya nggak ada lo. Tapi, kamu masih bisa mainan air laut dan ombaknya. Kok bisa sih?

Pantainya bukan pantai buatan, pantai di danau, apalagi pinggiran sungai. Nama pantainya adalah Playa de Gulpiyuri yang ada di Spanyol. Lokasinya dekat dengan Kota Llanes, tepatnya di antara Punta Rociera dan Castro Molina, sekitar 475 utara dari Ibu Kota Madrid. Banyak orang yang menyebut pantai ini sebagai pantai yang ajaib karena dilengkapi dengan ombak air laut dan pasir putih. Bahkan, kamu bisa merasakan pasang surut di sini.

Wisatawan menikmati Pantai Gulpiyuri. (Twitter.com/FerGoGo67)
Wisatawan menikmati Pantai Gulpiyuri. (Twitter.com/FerGoGo67)

Lantas, kok bisa disebut nggak ada lautnya? Jadi begini, Millens, kalau kamu ke pantai pada umumnya, akan menikmati pemandangan laut yang luas. Kalau di Playa di Gulpiyuri, kamu hanya akan disuguhi pemandangan berupa dinding bebatuan, bukannya laut lepas dan langit luas. Jadi bikin penasaran kan bagaimana bisa air laut masuk di antara bukit berbatu tersebut?

Ternyata, ada terowongan kecil di dalam bukit berbatuan tesebut yang membuat air laut bisa menerobos masuk ke dalam dan membentuk semacam kolam berombak dan pantai kecil. Air laut ini berasal dari Laut Cantabrian yang ada di Teluk Biscay. Jarak antara laut lepas dan Playa de Gulpiyuri hanyalah 80 meter.

Pantai Gulpiyuri dari atas. Cukup jauh dari laut lepas. (Twitter/cucu_iulian)
Pantai Gulpiyuri dari atas. Cukup jauh dari laut lepas. (Twitter/cucu_iulian)

Nah, uniknya, kamu hanya bisa menikmati ombak kalau air lautnya sedang pasang dan masuk ke dalam terowongan bebatuan ini. Kalau airnya sedang surut, ya kamu hanya akan menemui hamparan pasir putih biasa yang dibatasi oleh bukit berbatu.

Karena keunikan pantai ini, banyak wisatawan yang jauh-jauh datang untuk menikmati suasana pantai yang berukuran cukup mini ini. Pemerintah Spanyol pun memutuskan untuk memberlakukan aturan yang tujuannya membatasi wisatawan agar tidak terlalu banyak. Hal ini diharapkan bisa melindungi lokasi yang sangat langka tersebut.

Kira-kira, ada nggak sih pantai yang unik atau mirip seperti ini di Indonesia, Millens? Kasih tahu dong di mana. (Tra/IB09/E05)