Disangka Gas Bocor, Aroma Durian Gegerkan Pengunjung Perpustakaan di Melbourne

Aroma tajam durian yang membusuk menimbulkan kepanikan staf dan pengunjung perpustakaan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) di Australia. Mereka mengira bahwa aroma tersebut merupakan bau gas bocor.

Disangka Gas Bocor, Aroma Durian Gegerkan Pengunjung Perpustakaan di Melbourne
Durin hebohkan RMIT. (Tnp.sg)

Inibaru.id – Durian boleh saja jadi buah paling diburu di Indonesia, tapi tidak di Australia. Sabtu (28/4/2018) kemarin, staf dan pengunjung perpustakaan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) dibuat geger dengan aroma durian yang menusuk. Mereka menganggap bau tersebut berasal dari gas yang bocor.

Dailymail.co.uk, Minggu (29/4/2018), menulis, sekitar 600 staf dan pengunjung perpustakaan RMIT dievakuasi dari gedung yang terletak di Melbourne, Australia itu akibat adanya laporan tentang gas bocor. Gedung perpustakaan itu juga langsung  ditutup untuk publik.

Dengan sigap, sejumlah petugas pemadam kebakaran diturunkan untuk menemukan sumber bau itu. Setelah dilakukan penelusuran, tim pemadam kebakaran nggak menemukan adanya tanda-tanda gas bocor. Mereka justru menemukan fakta lain. Aroma yang dikira gas bocor itu ternyata ditimbulkan dari durian yang membusuk di salah satu lemari. Duh!

“Setelah pencarian dilakukan, petugas mengidentifikasi bau tersebut bukan berasal dari gas bocor, melainkan aroma yang menguar dari durian busuk yang tertinggal di dalam lemari,” kata salah seorang petugas pemadam kebaran, seperti ditulis Channelnewsasia.com, Minggu (29/4/2018).

Aroma durian itu diduga menyebar ke seluruh ruangan lewat pendingin ruangan di perpustakaan. Hal itulah yang kemudian membuat panik pengunjung dan staf perpustakaan.

Selepas dinyatakan aman, gedung perpustakaan yang sempat ditutup ini akhirnya kembali dibuka. Sekitar pukul 6 petang waktu Australia, aktivitas kembali berjalan normal.

Durian memang diketahui menjadi buah yang dihindari orang luar negeri. Hal itu karena aromanya yang dianggap sangat menusuk sehingga mereka nggak menyukainya. Namun, orang Indonesia justru banyak yang menyukai buah berduri satu ini. Bahkan, ada juga yang sampai berburu durian hingga ke berbagai daerah.

Wah, aroma durian bisa membuat heboh warga RMIT seperti itu ya, Millens. Haha (IB08/E04)