Diperbaiki, Operasional Batara Kresna Dihentikan Sementara

Diperbaiki, Operasional Batara Kresna Dihentikan Sementara
KA Batara Kresna dihentikan sementara. (Redigest.web)

Operasional Kereta Batara Kresna dari Solo ke Wonogiri dihentikan sejak 3 Juni 2019. Pemberhentian ini disebabkan karena rangkaian kereta sedang diperbaiki.

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyebut operasional bus rel (railbus) Batara Kresna jurusan Solo-Wonogiri dihentikan untuk sementara. Hal ini dikarenakan adanya perbaikan yang sedang dilakukan pada rangkaian kereta tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta Eko Budianto menjelaskan perbaikan pada kereta dengan mesin diesel tersebut.

“Perbaikannya pada sensor roda kereta. Sebenarnya, penghentian operasional ini sudah dilakukan sejak 3 Juni 2019 lalu,” terangnya.

Saat ditanya tentang kapan kereta ini akan beroperasi kembali, Eko belum bisa menjawabnya karena pihak PT Industri Kereta Api (Persero) juga belum bisa memastikan kapan perbaikan selesai dilakukan. Satu hal yang pasti, rangkaian railbus kini berada Depot Lokomitif Solo Balapan.

Eko juga mengetahui tentang banyaknya penumpang yang kecewa dengan penghentian sementara kereta Batara Kresna apalagi banyak orang yang menggantungkan perjalanan pada kereta ini, khususnya para pedagang.

“Ya, Batara Kresna nggak punya rangkaian pengganti, jadi banyak penumpang yang kecewa dengan hal ini,” katanya.

Batara Kresna semakin diminati masyarakat setelah PT KAI mengembalikan jadwal operasionalnya menjadi pukul 06.00 WIB dan pukul 10.00 WIB dari Stasiun Purwosari menuju Wonogiri. Sebelum ini, kereta tersebut sempat dioperasikan pada pukul 04.00 WIB dan pukul 06.00 WIB.

“Waktu jam operasionalnya berubah, banyak penumpang yang protes, jadi kami kembalikan lagi ke jam operasional semula,” ungkap Eko.

Kereta yang setiap harinya rata-rata mampu menampung 254 penumpang ini juga memiliki harga tiket yang murah, yakni Rp 4.500 per orang. Setiap gerbongnya mampu menampung 160 orang.

Semoga saja kereta Batara Kresna bisa segera beroperasi kembali, ya Millens. (IB09/E04)