Dipecat dari KPK, Tigor Kini Jualan Nasi Goreng

Dipecat dari KPK, Tigor Kini Jualan Nasi Goreng
Tigor Simanjuntak, eks pegawai KPK yang dipecat gara-gara TWK kini jualan nasi goreng. (Jawapos/Twiter@paidjorajo)

Tigor Simanjuntak adalah salah seorang dari 57 mantan pegawai KPK yang dipecat hanya gara-gara nggak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) yang kontroversial. Kini, dia memilih untuk jualan nasi goreng.

Inibaru.id – Beberapa saat lalu, masyarakat dihebohan dengan dipecatnya 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Meski pemberhentian ini dengan hormat dan dianggap hanya karena nggak mampu memenuhi syarat lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), tetap saja banyak orang yang menganggap hal ini sebagai upaya terang-terangan dalam melemahkan lembaga anti korupsi tersebut.

Nah, salah satu mantan pegawai KPK yang mendapatkan nasib nggak menyenangkan itu adalah Juliandi Tigor Simanjuntak. Yang menarik, dia nggak ambil pusing soal hilangnya pekerjaan di lembaga yang didukung banyak lapisan masyarakat itu. Usai dipecat pada 30 September 2021 lalu, dia langsung banting setir berjualan nasi goreng.

Kisah uniknya diungkap akun Twitter @paijodirajo yang merupakan milik mantan penyelidik KPK Aulia Ostiera. Nggak hanya mengunggah foto-foto Tigor yang sedang berjualan nasi goreng, dia menulis Tigor sebagai mantan Fungsional Biro Hukum KPK dan aktivis gereja.

“Juliandi Tigor Simanjuntak nama lengkapnya, mantan Fungsional Biro Hukum KPK. Aktivis gereja yang rendah hati,” tulis Aulia pada Minggu (10/10/2021).

Tigor diketahui berjualan nasi goreng di dekat rumah. Meski pengabdiannya di lembaga anti korupsi selama bertahun-tahun seperti nggak dihargai begitu saja, Tigor nggak ambil pusing. Meski begitu, reputasinya hanya dihancurkan gara-gara tes TWK memang bikin banyak orang keheranan.

Ilustrasi: Nasi goreng. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Nasi goreng. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Dedikasinya selama belasan tahun dihancurkan hanya dengan dua hari tes yang terbukti telah melanggar HAM, serta terdapat maladministrasi dan pelanggaran etik,” tambah Aulia.

Aulia ternyata nggak lupa menyindir Ketua KPK Sekarang Firli Bahuri. Beda dengan Tigor yang benar-benar berjualan nasi goreng untuk menyambung hidup, Firli sempat menggelar jumpa pers yang isinya adalah dirinya memasak nasi goreng. Aulia bahkan menuding acara bikin nasi goreng itu hanyalah acara pencitraan Firli.

Mantan pegawai KPK lainnya yang senasib dengan Tigor, Chriestie Afriani ternyata memberikan komentar terkait dengan jualan nasi goreng Tigor. Di akun Twitter pribadinya @chrstafrn, juga di waktu yang sama, yakni Minggu (10/10), Chriestie sempat membeli nasi goreng jualan Tigor.

Dia datang dengan suaminya. Saat sampai di tempat jualan Tigor bernama Nasi Goreng KS Rempah, ternyata istri Tigor ikut berjualan. Mereka pun sempat bercengkerama di sana.

Meski sangat berbeda dengan tugasnya selama di KPK, keputusan Tigor untuk berjualan nasi goreng menunjukkan dia memang nggak mudah menyerah, ya Millens. Semoga laris, deh!  (Jaw/IB09/E05)