Dipanjat Orang Tak Dikenal, Menara Eiffel Ditutup Sementara

Dipanjat Orang Tak Dikenal, Menara Eiffel Ditutup Sementara
Menara Eiffel ditutup sementara karena dipanjat orang tidak dikenal. (The Local)

Menara Eiffel ditutup sementara setelah dipanjat orang. Banyak wisatawan yang kecewa dengan proses penutupan tempat wisata paling ikonik di Paris ini.

Inibaru.id – Kabar mengejutkan datang dari Menara Eiffel, Paris, Prancis. Petugas keamanan menangkap seorang lelaki yang memanjat salah satu bangunan paling ikonik di Kota Mode tersebut pada Senin (20/5/2019) sore waktu setempat. Gara-gara aksi ini, Menara Eiffel bahkan sampai ditutup selama lebih dari 5 jam.

Laman Tempo, Rabu (22/5) menulis, proses penyelamatan memakan waktu tujuh jam sebelum sang lelaki yang nggak disebutkan identitasnya itu ditangkap petugas.

“Kami menemukan seseorang memanjat Menara Eiffel. Sesuai prosedur standar, kami harus menghentikannya,” ucap salah seorang petugas.

Sementara itu, motif tindakan sang pelaku juga masih dalam penyelidikan.

Selain menutup Menara Eiffel, pengunjung kafe Esplanade yang ada di bagian bawah menara dan posisinya dekat dengan taman Champ de Mars juga terpaksa dievakuasi. Bahkan, akibat penutupan, beberapa wisatawan yang ada di puncak menara terjebak selama beberapa waktu.

“Proses penutupan ini demi memudahkan proses evakuasi pemanjat,”ucap salah satu juru bicara dari petugas di Menara Eiffel.

Gara-gara aksi pemanjatan ini, banyak pengunjung yang kecewa karena tidak bisa menikmati kunjungan mereka.

“Kami sangat kecewa. Kami hanya punya waktu seminggu di sini dan penutupan ini mengacaukan seluruh jadwal kami,” ungkap Celine Forcier wisatawan dari Quebec, Kanada.

Bukan Kali Pertama

Aksi pemanjatan Menara Eiffel ini bukanlah yang kali pertama terjadi. Beberapa kali petugas direpotkan dengan aksi orang-orang yang ingin memanjatnya dalam tahun-tahun terakhir.

Sebagai contoh, pada Oktober 2017 silam, seorang pria bahkan akan melompat dari Menara Eiffel sebelum akhirnya dihentikan petugas. Sayang, pada 2012, evakuasi tidak bisa dilakukan dengan sukses sehingga seorang pria dari Inggris terjatuh dari puncak menara dengan tinggi 324 meter tersebut.

Tindakan ini jangan ditiru di mana pun kamu berplesir ya Millens. Selain bisa merepotkan banyak orang, tindakan ini juga bisa membahayakan diri sendiri. Tetap utamakan keselamatan selama berlibur ya. (IB09/E04)