Jenazah Sutopo Dimakamkan di Boyolali dengan Prosesi Militer

Jenazah Sutopo Dimakamkan di Boyolali dengan Prosesi Militer
Suasana saat jenazah Sutopo tba di rumah duka Perumahan Raffles Hills, Depok, Jabar. (REPUBLIKA/Noer Qomariah K)

Jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah. Upacara pemakaman ini nantinya akan dihadiri para PNS di sekitar Boyolali.

Inibaru.id - Jenazah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akan dimakamkan Senin (8/7/2019) pagi ini di Boyolali, kampung halamannya. Upacara pemakaman ini dipimpin Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Laman Suara, Senin (8/7) menulis, menurut Doni, upacara pemakaman almarhum Sutopo akan dilakukan secara militer dengan peserta para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di sekitar Boyolali.

“Pihak BNPB akan bekerja sama dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Boyolali. Kami akan mengerahkan sebanyak mungkin pegawai negeri yang ada di sekitar Boyolali untuk ikut hadir dalam upacara pemakaman,” jelas Doni.

Doni juga mengungkapkan, keluarga besar BNPB merasa sangat kehilangan atas kepergian Sutopo yang dikenal sebagai sosok yang profesional dalam bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pak Topo sangat bekerja dengan hati, dalam kondisi sakit masih senantiasa menjalani tugasnya untuk menginformasikan kebencanaan,” lanjut Doni.

Diketahui, Sutopo mengembuskan nafas terakhir pada Minggu (7/7) sekitar pukul 02.00 waktu setempat saat sedang menjalani pegobatan kanker paru-paru di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, Tiongkok.

Jenazah Sutopo langsung diberangkatkan ke rumah duka Senin dini hari pukul 00.30 WIB setelah dimandikan dan disalatkan di Perumahan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat. Jenazah dibawa ke Bandara Soekarno-Hatta untuk diterbangkan ke Bandara Adi Soemarno. Kemudian langsung menuju ke tempat kelahirannya di Boyolali, Jawa Tengah untuk dimakamkan pukul 09.30 WIB.

Selamat jalan Pak Topo, semoga amal dan ibadahmu diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. (IB18/E04)