Dikritik Warganet Karena Nggak Pakai Masker, Ini Penjelasan Reisa Broto Asmoro

Terpilihnya Reisa Broto Asmoro sebagai Tim Komunikasi Gugus Percepatan Covid-19 membuat namanya menjadi perhatian publik. Namun, warganet menyayangkan Reisa yang nggak pakai masker saat melakukan konferensi pers. Padahal, dia menyarankan masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan virus corona.

Dikritik Warganet Karena Nggak Pakai Masker, Ini Penjelasan Reisa Broto Asmoro
Reisa Broto Asmoro dikritik karena nggak memakai masker saat memberikan informasi terkait kasus Covid-19 di Indonesia. (Netralnews)

Inibaru.id – Sebelum dipilih menjadi anggota Tim Komunikasi Covid-19 pemerintah, Reisa Broto Asmoro dikenal sebagai dokter dan presenter di acara kesehatan, dr. OZ. Kehadirannya di konferensi pers tentang kasus Covid-19 di Indonesia disambut hangat masyarakat. Apalagi, cara penyampaiannya tentang tips-tips menjaga kesehatan cukup mudah dicerna.

Sayangnya, di balik berbagai tanggapan positif, muncul kritik yang ditujukan pada dr Reisa. Setelah sebelumnya ada anggota DPR yang menyebutnya nggak benar-benar memahami kasus pandemi di Indonesia, dr Reisa juga nggak memakai masker saat melakukan konferensi pers. Hal ini tentu sangat kontras dengan anjuran yang dia ucapkan ke masyarakat, yakni mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker di luar rumah.

Menganggapi hal ini, Reisa pun memberikan klarifikasi. Ternyata, dia memiliki alasan tersendiri untuk nggak memakai masker saat memberikan konferensi pers. Klarifikasi ini dia ungkap di akun Instagram pribadinya @reisabrotoasmoro.

“Hai dok, aku mau tanya dong mewakili netizen, kenapa dokter kemarin nggak pakai masker?” tanya manajer dr Reisa, Astri Danuantari @danuantari di akun tersebut.

Awalnya, Reisa mengaku kalau dirinya memakai masker, namun, dia kemudian mengakui sempat nggak memakainya. Dia melakukannya karena posisinya jauh dari orang lain, khususnya ke Achmad Yurianto, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 yang menjaga jarak darinya sebagai cara untuk mencegah virus corona.

Reisa Broto Asmoro juga mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti dengan memakai masker. (Pikiran-rakyat)
Reisa Broto Asmoro juga mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti dengan memakai masker. (Pikiran-rakyat)

“Jadi sebenarnya karena lagi ngomong sendirian dan jauh ya jarak saya dengan orang lain. Jarak saya jauh ya dengan pak Yuri, lebih dari dua meter,” kata dr. Reisa.

Selain jarak yang cukup jauh, Reisa pun mengatakan kalau dirinya selalu membawa mikrofon sendiri setiap kali melakukan konferensi pers sehingga nggak merugikan dirinya maupun orang lain saat membuka maskernya. 

“Ini saya bawa mik sendiri. Nih, mik saya bawa sendiri,” katanya sambil menunjukkan mikrofon miliknya.

Reisa juga mengungkap fakta lainnya, yakni setiap anggota tim komunikasi membawa mikrofon masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk mencegah penularan Covid-19.

“Mik setiap orang berbeda. Jadi setiap habis ngomong, diambil lagi. Jadi karena nggak ada orang lain di sekitar, waktu ngomong ke kamera, karena jarak ke kamera juga lebih dari tiga meter. Jadi, kalau ngomong ke kamera aku nggak pakai  masker, tapi begitu selesai, ketemu orang lagi, pakai masker lagi,” jelas Reisa.

Meski nggak memakai masker, Reisa yakin jika apa yang dia lakukan masih mematuhi protokol kesehatan dan nggak akan memicu penularan virus corona.

Meski dr Reisa nggak pakai masker saat konferensi pers, bukan berarti kamu mengikutinya ya. Pastikan untuk selalu memakainya, khususnya jika di luar rumah. Kamu juga harus memakainya di tempat kerja, ya, Millens(Lin/MG31/E07)