Dikritik Karena Pengin Masuk Ruang Ganti Timnas, Begini Reaksi Ketum PSSI

Dikritik Karena Pengin Masuk Ruang Ganti Timnas, Begini Reaksi Ketum PSSI
Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Irwan Bule ingin masuk ruang ganti Timnas di babak final Piala AFF. (Media Indonesia/Antara/Sigid Kurniawan)

Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Irwan Bule mengaku ingin masuk ruang ganti Timnas Indonesia di babak final Piala AFF 2020. Meski tujuannya menambah semangat, niatannya justru jadi bulan-bulanan kritik oleh para warganet.

Inibaru.id – Begitu Timnas Indonesia masuk babak final Piala AFF 2020, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun mengutarakan keinginan untuk masuk ke ruang ganti Timnas saat melawan Thailand. Nah, niatnya ini ternyata mendapatkan tanggapan negatif warganet.

Babak final nantinya berlangsung dua leg, Millens. Leg pertama berlangsung besok, Kamis (29/12/2021) pukul 19.30 WIB di Singapura, sementara Leg 2 bakal dilangsungkan pada Sabtu (1/1/2022). Unik juga, ya, Millens. Nama ajangnya Piala AFF 2020, digelar di 2021, eh finalnya ada yang dilangsungkan pada 2022.

Balik lagi soal rencana Ketum PSSI yang lebih sering disapa dengan nama Irwan Bule ini. Dia ingin masuk ke ruang ganti timnas di leg kedua final, Millens. Mungkin maksudnya ngasih semangat buat tim.

“Saya akan ke sana (Singapura) tanggal 31 Desember. Saya usahakan bisa turun ke tempat ganti pakaian, saya lagi izin ke AFF (federasi sepak bola ASEAN),” ungkap Irwan di kanal YouTube pribadinya, Senin (27/12).

Mendapatkan Kritik Warganet

Sejak Timnas memastikan diri masuk babak final, sudah banyak warganet dan wartawan dunia olah raga nasional yang mewanti-wanti sejumlah tokoh yang nggak berkepentingan, termasuk tokoh politik untuk nggak terlalu merecoki konsentrasi Timnas sebelum bermain. Nah, meski posisi Irwan Bule adalah Ketum PSSI, para warganet juga nggak mau dia juga sampai masuk ke ruang ganti yang seharusnya memang steril dari orang-orang selain pemain serta ofisial tim.

Timnas Indonesia masuk ke babak final Piala AFF 2020 melawan Thailand. (Detik/Getty Images/Yong Teck Lim)
Timnas Indonesia masuk ke babak final Piala AFF 2020 melawan Thailand. (Detik/Getty Images/Yong Teck Lim)

Menariknya, saat dikonfirmasi tentang kritik dari warganet ini, Irwan Bule justru menanggapinya dengan enteng. Menurutnya, niatannya nggak perlu dijadikan polemik.

“Kenapa polemik? Kan izin dulu sama mereka (AFF). Kepengin saya begitu (masuk ke ruang ganti), boleh dong,” ucap Irwan.

Kalau menurut peraturan resmi Piala AFF dan sejumlah akun pemerhati sepak bola sih, kecil kemungkinan Irwan Bule bisa diizinkan masuk ke ruang ganti Timnas Indonesia di babak final nanti.

Setiap tim dilarang mengizinkan orang tidak berwenang atau orang yang tidak memiliki kartu akreditasi masuk ke ruang ganti tim, lapangan, atau area terkendali lainnya,” tulis aturan tersebut.

Nggak hanya soal aturan di tempat bertanding Piala AFF, aturan karantina kesehatan di Singapura juga sangat ketat. Apa lagi di masa varian Omicron seperti sekarang ini. Ingat, bek Timnas Elkan Baggot bahkan sampai nggak bisa main di sejumlah pertandingan, Millens gara-gara baru tiba dari Inggris. Ada kemungkinan, niatan Irwan Bule juga bakal terganjal soal ini.

Mengingat Timnas Indonesia belum pernah juara Piala AFF dan sudah berkali-kali cuma jadi runner-up, termasuk yang paling terkenal pada 2010 di mana konsentrasi sebelum final diganggu sejumlah pejabat, kayaknya memang sebaiknya para pemain, pelatih, dan ofisial ini nggak diganggu konsentrasinya saat berlatih dan bertanding ya, Millens. Setuju? (Kom,Kum/IB09/E05)