Dijaga 30 Ribu Aparat hingga Disediakan Makan Gratis, Berikut Fakta Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

Dijaga 30 Ribu Aparat hingga Disediakan Makan Gratis, Berikut Fakta Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin
Fakta pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Kompas/ Garry Lotulung)

Minggu (20/10/2019) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bakal dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyukseskan pelantikan ini. Berikut sejumlah fakta menarik tentang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Inibaru.id – Joko Widodo dan Ma'ruf Amin segera dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Pelantikan tersebut rencananya bakal dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019) pukul 14.30 WIB di Gedung MPR RI.

Demi menyukseskan acara pelantikan tersebut, sejumlah hal disiapkan. Berikut fakta Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Diamankan 30 Ribu Aparat Keamanan

Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin akan dijaga personel gabungan TNI-Polri sebanyak 30 ribu orang. Puan memastikan aparat TNI dan Polri akan mengatur pelaksanaannya dengan baik dilansir dari laman Kompas, Jumat (18/10).

Pengarakan Setelah Pelantikan

Ketua Pelaksana Syukuran Inaugurasi Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Andi Gani Nena Wea mengatakan setelah pelantikan usai, Jokowi-Ma’ruf akan diarak. Mereka akan didampingi istri masing-masing yaitu Iriana Jokowi serta Wuri Estu Handayani. Nanti, Jokowi-Ma’ruf akan diarak mulai dari Kawasan Patung Kuda di Jalan MH Thamrin menuju ke Istana Merdeka.

Terdapat Panggung Hiburan dan Kuliner Gratis

Dalam pelantikan tersebut, panitia menyediakan panggung hiburan dan area kuliner Nusantara. Semua makanan dalam area kuliner Nusantara itu bisa dinikmati secara gratis. Makanan gratis ini sebagai wujud syukur dari Jokowi-Ma'ruf karena sudah dipilih. Area kuliner gratis menyediakan berbagai macam makanan nusantara seperti bakso, ketoprak, sekoteng, nasi goreng, dan lain sebagainya. Area kuliner ini juga berlokasi di sepanjang Patung Kuda hingga Istana Merdeka.

Selain itu, terdapat enam panggung hiburan yang berada di sekitar area kuliner gratis. Berdasarkan rencana, panggung hiburan itu akan menampilkan seluruh budaya Indonesia dari 34 provinsi.

Syukuran di Beberapa Kota

Selain di Jakarta, parade perayaan ini juga digelar di tiga kota lainnya yakni Yogyakarta, Surabaya, dan Kuningan.

Di Yogyakarta, perayaan ini diselenggarakan pada Sabtu (19/10). Kegiatan tersebut dimulai pukul 15.00 WIB dengan diawali penampilan marching band dari Universitas Gadjah Mada. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari Barisan Prajurit Keraton serta komponen masyarakat dari lima wilayah di Yogyakarta.

Pada Minggu (20/10) mulai pukul 07.30 WIB akan diselenggarakan Parade Merah Putih di Surabaya. Pada hari dan jam yang sama, parade serupa juga akan digelar di Kuningan. Daerah tersebut dipilih sebagai salah satu kota penyelenggaraan syukuran karena kota ini tempat dilaksanakannya Perjanjian Linggarjati.

Seluruh parade yang diselenggarakan di kota-kota tersebut merupakan gagasan dari komunitas milenial maupun tokoh wilayah setempat.

Semoga acara pelantikan maupun perayaan berbentuk syukuran itu berjalan lancar ya, Millens. Semoga juga Jokowi dan Ma'ruf Amin amanah dalam mengemban tugas. (IB24/E04)